6 Hal yang Sebabkan Sakit Kepala Setelah Makan

Avatar of PortalMadura.Com
6 Hal yang Sebabkan Sakit Kepala Setelah Makan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu penyebab yaitu dari makanan. Sehingga seseorang perlu tahu makanan apa saja yang menyebabkan sakit kepala setalah mengonsumsinya.

Selain itu, sakit kepala juga bisa terjadi setelah makan. Dan berikut beberapa alasannya mengapa hal itu bisa terjadi:

Mengkonsumsi Banyak Gula
Tergila-gila pada kue atau permen bisa membuat Anda menjadi lesu, kembung, dan sakit kepala. Kenapa? Karena makanan manis menyebabkan gula darah Anda melonjak turun dengan cepat. Hal itu dapat menyebabkan hipoglikemia reaktif atau gula darah menjadi rendah setelah makan yang menyebabkan Anda pusing. Jika keadaan menjadi lebih buruk, Anda mungkin juga merasa lemas, berkeringat, atau bahkan sedikit tidak seimbang.

Mengkonsumsi Banyak Garam
Mengkonsumsi makanan super asin seperti makanan beku, saus pasta, dan keju olahan bisa membuat kepala Anda terasa berdenyut. Orang yang memakan banyak sodium (sekitar 8.000mg/hari) memiliki lebih dari 33% kemungkinan sakit kepala dibanding dengan mereka yang hanya mengkonsumsi 4.000mg sodium per hari. American Heart Association merekomendasikan mengkonsumsi sodium tidak lebih dari 15.000mg per harinya.

Mengkonsumsi Makanan Penyebab Migrain
Keju dan anggur mewah memang menjadi bintang dipesta makan malam, tapi tahukah bahwa mereka mengandung asam amino yang dikenal dapat memicu migrain pada orang yang rentan. Makanan yang menggunakan pengawet seperti MSG juga dapat memicu migrain.

Gangguan pada Rahang
Jika makanan yang renyah atau kenyal cenderung membuat kepala Anda berdenyut, mungkin Anda mengalami gangguan myofascial atau rasa sakit pada otot saat menggerakan rahang.

Hal tersebut juga dapat menyebabkan kepala pegal. Untuk memulihkannya, minumlah obat pereda nyeri. Jika terus berlanjut, datanglah ke dokter gigi Anda.

Intoleransi Makanan
Memiliki masalah dengan gulatin atau susu? Beberapa temuan menunjukan bahwa penyakit celiac mungkin bersangkutan dengan migrain. Meski sebagian besar ahli tidak sepenuhnya yakin bahwa gelatin dan susu dapat menyebabkan migrain. Tapi Laren Tan mengatakan ada laporan bahwa ada seorang pasien yang membuktikannya. Jika ada makanan yang mengganggu Anda, jauhilah makanan tersebut.

Brain Freeze
Sebuah perasaan ingin menyeruput milkshake terlalu cepat atau mencoba memakan kerucut es krim sebelum meleleh dimana-mana merupakan brain freeze atau yang oleh pakar disebut sebagai ganglioneuralgia sphenopalatina. Hal itu terjadi ketika sesuatu yang dingin menyentuh langit-langit mulut kamu sehingga pembuluh darah diotak akan menyempit dan mengurangi aliran darah ke otak. Hasilnya adalah rasa sakit yang timbul disekitar dahi, tetapi jangan khawatir karna hal ini akan hilang dalam satu atau dua menit.

Bagaimana Cara Mengatasinya?
Mengkonsumi obat mungkin dapat mengurangi rasa sakitnya untuk sementara, jadi lebih baik hindari makanan yang tampaknya akan menyebabkan masalah bagi Anda. Coba lihat apakah sakit kepalanya hilang atau malah memburuk. Jika memburuk, datang berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan bantuan. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.