oleh

6 Kegunaan Soda Kue Bagi Kecantikan

PortalMadura.Com – Hampir semua wanita di zaman sekarang ini rela mengeluarkan banyak biaya untuk mendapatkan wajah yang cantik sesuai keinginan. Padahal, untuk melakukan perawatan kecantikan itu tidak harus selalu dengan biaya mahal, ada beberapa bahan dapur di rumah yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya dengan menggunakan soda kue atau baking soda.

Bahan kue yang satu ini ternyata bisa memberikan efek mengejutkan bagi tubuh. Seperti untuk memperbaiki penampilan agar lebih bercahaya dan lebih indah, serta bisa memperbaiki kerusakan pada kuku.

Nah, berikut ini enam kegunaan soda kue bagi kecantikan, seperti dilansir liputan6.com dari Brightside.me:

Mencerahkan Gigi

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan soda kue, yaitu mencampurnya dengan arang aktif. Kedua bahan ini dapat digunakan sebagai bahan utama dalam membuat pasta gigi buatan sendiri yang akan memberi kecerahan pada gigi.

Caranya, campurkan soda kue, minyak kelapa, arang aktif, dan minyak esensial untuk menjadi sebuah pasta gigi. Jika mau, arang aktif juga bisa diganti dengan stroberi segar dan jus lemon. Mencampur soda kue, minyak peppermint, dan air juga bisa dilakukan untuk membuat obat kumur.

Deodoran Buatan

Soda kue juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau yang tidak sedap. Sebab, bahan dapur yang satu ini mampu menetralkan asam dan basa, yang membuatnya menjadi pilihan yang bagus untuk digunakan sebagai deodoran.

Caranya, campurkan baking soda dengan air, dan minyak kelapa, lalu diaduk untuk membuat sebuah pasta dan disimpan di lemari es. Untuk menambah wangi, bisa dicampurkan dengan minyak esensial.

Menghilangkan Komedo

Membuat masker wajah buatan sendiri dengan menggunakan soda kue dan bahan-bahan sederhana lainnya, juga dapat membersihkan wajah dan sekaligus menghilangkan komedo.

Loading...

Caranya, siapkan bubuk gelatin, susu, air lemon, dan baking soda. Panaskan adonan selama 4 detik pada microwave hingga hangat tapi tidak panas. Uji di tangan dan jika suhunya tepat, oleskan di daerah komedo. Biarkan mengering selama sekitar setengah jam dan kemudian lepaskan dengan lembut. Setelah itu, basuh wajah dengan air dan keringkan.

Baca Juga: Studi: Larutan Soda Kue Bisa Sembuhkan Kanker

Menghilangkan Mata Panda

Mata panda atau kantung mata adalah hal yang paling menyebalkan karena sulit dihilangkan. Untuk itu, hanya dengan baking soda, teh kamomil, dan air bisa digunakan untuk membuat masker mata yang jika dilakukan secara rutin bisa mengurangi mata panda.

Selain itu, Anda bisa membuat secangkir teh chamomile biasa dan biarkan hingga dingin. Kemudian tambahkan baking soda dan aduk. Setelah tercampur, oleskan adonan tersebut ke bawah mata dan diamkan selama 10-15 menit.

Menghapus Noda Kuning dan Membantu pertumbuhan Kuku

Siapa yang tidak ingin memiliki kuku yang putih dan sehat?. Ternyata, hanya dengan mencampurkan baking soda dan jus lemon bisa mengurangi kekuningan di kuku dan membantu pertumbuhan kuku.

Buat pasta dengan memadukan semua bahan menjadi satu. Oleskan lapisan tebal pada kuku, biarkan selama beberapa menit, lalu bersihkan. Setelah itu, akan terlihat bahwa kuku akan jauh lebih putih dan bersinar. Untuk kuku yang lebih panjang, bisa juga mencampurkan soda kue dengan jus lemon dan mengoleskan pasta dengan cara yang sama.

Wajah Cerah Glowing

Untuk mendapatkan wajah yang cerah glowing, Anda bisa mencampurkan air jeruk bali, baking soda, dan minyak zaitun atau minyak esensial, lalu dibuat menjadi adonan masker yang jika digunakan secara rutin bisa membuat wajah glowing.

Kemudian, gunakan masker selama 10 menit dan minyak zaitun bisa diganti dengan minyak wewangian yang bisa membuat aroma yang menenangkan. Selamat mencoba!


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar