6 Museum di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Liburan

Avatar of PortalMadura.Com
6 Museum di Indonesia yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Liburan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Libur telah tiba, saatnya menikmati bersama keluarga, teman atau sahabat untuk berlibur bersama. Banyak tujuan wisata yang bisa didatangi, mulai dari pantai, gunung, mall, kolam renang atau bahkan museum. Berbicara tentang museum, mungkin yang ada di pikiran orang yaitu tempat yang identik dengan benda-benda kuno yang pasti membosankan.

Nah, saat ini ada beberapa museum yang jauh dari kesan membosankan. Bahkan, kini banyak kaum millenial yang suka berkunjung ke museum. Karena museum-museum ini jadi tren dan sangat instagramable. Lantas museum apa saja di Indonesia yang kece dan menarik?

Berikut ini daftarnya:

Museum MACAN
Sebagian orang, mungkin termasuk Anda, ada yang mengira kalau museum MACAN menampilkan koleksi hewan terutama macan dan sejenisnya. Faktanya ini merupakan museum seni kontemporer yang indah dan menarik.

MACAN merupakan singkatan dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Museum ini baru dibuka untuk umum pada November 2017. Terletak di AKR Tower, kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, museum ini memiliki koleksi seni aliran kontemporer dan modern yang berasal dari benua Asia, Eropa, dan Amerika.

Museum MACAN menampilkan tema koleksi berbeda dalam periode waktu tertentu. Harga tanda masuk ke museum yang terdiri dari dua lantai ini berkisar dari Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu.

Museum De Mata Trick Eye
De Mata Trick Eye merupakan museum 3D keren di Yogyakarta, terletak di XT Square, Jalan Veteran, Pandeyan, Yogyakarta. Di museum ini Anda bisa berfoto dengan latar belakang Menara Eiffel, Tembok Besar Cina, maupun berbagai bangunan keajaiban dunia lainnya.

Pengunjung dapat merasakan sensasi tiga dimensi yang mengagumkan karena terasa seperti nyata. De Mata Trick Eye disebut-sebut sebagai museum 3D terbesar di dunia karena mempunyai sekitar 120 gambar tiga dimensi, sedangkan di negara lain paling banyak hanya 70 gambar.

Museum ini juga menampilkan gambar dengan tema olahraga, tokoh, binatang, superhero, roman, sirkus, ornamen, termasuk obyek wisata Tamansari dan Pagelaran Kraton Yogyakarta. Penempatan gambar memakai model labirin sehingga tidak membuat jenuh para pengunjung. Sebagian besar karya merupakan kreasi Petrus Kusuma dan karya mahasiswa seni rupa ISI Yogyakarta.

Museum Angkut
Di daerah Batu, Malang, Anda pasti terpesona dengan berbagai macam koleksi transportasi dari seluruh dunia yang ada di Museum Angkut. Museum transportasi yang dicap terbesar di Asia Tenggara ini, juga punya area yang sangat luas, indoor dan outdoor dengan desain dari berbagai negara.

Berkeliling seharian di Museum Angkut seperti membawa Anda berjalan-jalan keliling dunia. Tempat yang dibuka sejak Maret 2014 ini juga tercatat sebagai museum transportasi pertama yang ada di Asia dan sering dijadikan tempat event berbagai komunitas, syuting video klip dan dan foto pre-wedding.

Amazing Art World
Bandung juga punya museum yang menarik yaitu Amazing Art World yang merupakan museum 3D art terbesar di dunia. Koleksi lukisan yang berada di museum ini merupakan karya seniman dari Korea. Lukisan tipuan mata ini akan membuat hasil foto yang diambil jadi luar biasa atau amazing.

Kita bisa bergaya seolah sedang berselancar atau berfoto dengan hewan-hewan besar seperti kingkong. Museum serupa sudah sukses di Tiongkok, Korea, dan Filipina. Kalau ingin berwisata ke Amazing Art World Bandung, datang aja ke Jalan Setiabudi No 239 Bandung.

Ada 8 konsep atau tema yang disuguhkan di Amazing Art World, di antaranya yaitu Aqua Zone yang menunjukkan keindahan alam bawah laut. History Zone dengan sejarahnya, ada juga Animal Zone yang berisi beragam lukisan hewan. Museum yang berlokasi di Jalan Setiabudi no. 239, Bandung, Jawa Barat ini buka setiap hari.

Museum Moja
Jakarta baru saja mempunyai museum baru yaitu Museum Moja yang terletak di Jalan Metro Pondok Indah, Pondok Pinang Jakarta Selatan. Museum yang unik dan Instagramable ini bertema sinema atau movie, dan merupakan museum pertama di Indonesia yang bertema sinema.

Tempat ini merupakan perpaduan Seni dan Movie sehingga bisa dinikmati kalangan milenial, anak-anak sampai orang tua. Di museum yang baru dibuka pada pertengahan Oktober 2018 ini, ada 14 ruangan yang semuanya bertema sinema dan bisa menjadi lokasi untuk berfoto. Terletak tidak jauh dari Mal Pondok Indah, Museum Moja buka setiap hari dengan harga tiket masuk sekitar Rp 90 ribu-Rp 100 ribu.

Alive Museum Jakarta
Museum 3D juga ada di Jakarta yaitu Alive Museum yang berlokasi di Ancol. Lukisan-lukisan tiga dimensi yang bisa dijadikan latar belakang foto yaitu lukisan 3D keren dengan tema fantasi, travel, sirkus, horor, dan tema ekstrem yang bisa bikin banyak orang terpana dengan hasil foto Anda.

Alive Museum Ancol ini merupakan cabang dari Alive Museum Korea yang juga terdapat di beberapa negara lain seperti Singapura, Thailand, Vietnam, Tiongkok, dan Turki. Lukisan-lukisan yang terdapat di sini dibuat dan dibawa langsung dari Korea. Bedanya dengan museum lainnya, di Alive Museum ini ada lukisan 3D Monas, ikon kota Jakarta.

Alive Museum juga dijuluki Madame Tussaud versi Indonesia, karena mempunyai lebih dari 50 patung lilin tokoh-tokoh dunia. Mulai dari bintang Hollywood, K-Pop, superhero seperti Spiderman dan Batman, sampai dengan tokoh-tokoh dunia lainnya seperti Presiden Obama, Prince William, dan Mahatma Gandhi. Museum ini terletak di Ancol Beach City Lifestyle Mall lantai 3 di kawasan Ancol, Jakarta Utara. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.