6 Tips Jitu Kendarai Mobil Matik Agar Irit BBM

Avatar of PortalMadura.com
6 Tips Jitu Kendarai Mobil Matik Agar Irit BBM
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian besar orang yang mempunyai mobil matik harus siap dengan budget lebih besar untuk bensin dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Karena pada mobil ini, bensin berkontribusi sekitar 40-45 persen dari biaya mobil keseluruhan.

Sehingga bagi Anda pemilik mobil matik tidak banyak yang bisa dilakukan untuk lebih menghemat BBM, karena pedalnya hanya ada gas dan rem saja. Namun tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa hal yang bisa  Anda lakukan saat berkendara agar irit BBM.

Berikut ini ulasannya:

Jaga Kecepatan Agar Konstan
Tubuh yang terus bergerak pastinya membutuhkan energi yang lebih banyak. Begitu juga dengan mobil, kalau berakselerasi semakin cepat maka mesin bekerja lebih keras dan BBM yang dibutuhkan lebih banyak lagi.

Jangan terlalu sering menggunakan rem kalau tidak perlu, jagalah kecepatan mobil agar bisa konstan sehingga mesin bisa bekerja lebih stabil.

Istirahatkan Kaki dari Pedal Rem
Pedal rem jangan sering-sering diinjak. Otolovers bisa dengan sejenak mengistirahatkan kaki dari pedal rem karena keseringan menginjak pedal rem juga bisa berkontribusi dalam pemborosan BBM. Anda tidak harus menempatkan beban yang tidak perlu pada mesin dan transmisi (seperti kaki pada pedal rem). Kaki Anda otomatis akan bereaksi dengan cepat ketika akan mengerem.

Tekanan Ban Cukup
Ban bersentuhan langsung dengan jalan. Masing-masing ban memiliki porsi tersendiri dan mempengaruhi efisiensi BBM. Ban yang memiliki tekanan kurang dari standar yang ditetapkan akan membuat mesin mobil bekerja keras sehingga menyedot BBM lebih banyak lagi.

Jangan Emosi Saat Berkendara
Berkendara secara agresif seperti berakselerasi sangat cepat kemudian mengeremnya secara tiba-tiba bisa membuat penggunaan BBM lebih boros. US Environmental Protection Agency mengatakan mobil yang dikendarai secara ugal-ugalan bisa membuat BBM boros 33 persen di jalan tol sementara di jalanan biasa lima persen. Berakselerasilah secukupnya, tidak perlu ngebut.

Isi Bensin Saat Mesin Dingin
Mengisi bensin saat mesin dalam kondisi dingin bisa membuatnya lebih hemat. Itu karena cairan bisa mengembang saat dalam kondisi panas. Maksudnya disini saat Otolovers mengisi bensin saat kondisi mesinnya sedang panas, maka BBM itu memuai, sehingga membutuhkan bensin yang lebih banyak lagi.

Transmisi
Kalau Otolovers perhatikan, beberapa mobil bertransmisi otomatis saat bertahan pada gigi yang lebih rendah sehingga bensin jadi tidak efisien. Coba lah memindahkan transmisi lebih awal dengan memindahkan kaki Anda dari pedal gas setelah mencapai kecepatan 50km / jam. Kemudian percepat kendaraan secara perlahan saat Anda berada pada gigi transmisi lebih tinggi. (detik.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.