6 Tips Mudah Mengatur Keperluan Sekolah Anak

Avatar of PortalMadura.Com
6 Tips Mudah Mengatur Keperluan Sekolah Anak
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengurus anak usia dini tentu membutuhkan perhatian yang lebih. Sebab, anak di usia mereka lebih rumit dan belum peka atau terbiasa untuk memelihara berbagai perlengkapan sekolahnya, sehingga sering tidak bertahan lama.

Selain itu, adakalanya perlengkapan sekolah yang dicari juga sulit ditemukan. Hal ini, pasti akan membuat orangtua paling sibuk di pagi hari. Untuk itu, agar Anda tidak senewen tiap pagi, maka cobalah mulai menata rumah agar semua perlengkapan yang dibutuhkan untuk ke sekolah lebih terorganisir dan dapat mendukung kegiatan anak.

Berikut enam cara mengatur :

Siapkan Drop- Zone
Sediakan sebuah area khusus di dekat pintu rumah sebagai tempat anak mengambil barang-barang yang akan dibawa ke sekolah seperti tas, topi, jaket, dan sepatu. Gunakan tempat ini untuk mereka menyimpan barang-barangnya kembali.

Untuk membuat sebuah drop-zone Anda tidak memerlukan area yang luas, cukup satu sisi di dekat pintu dan gunakan 1-2 gantungan.

Manfaatkan Bagian Belakang Pintu atau Lemari
Gunakan gantungan tempel di belakang pintu masuk atau lemari jaket untuk memaksimalkan penggunaan ruangan. Tempelkan setinggi anak agar mereka bisa dengan mudah meraihnya. Gantungan ini bisa juga digunakan untuk menyimpan topi, payung, atau jaket anak.

Trik Menyimpan Sepatu
Buat sepatu agar lebih mudah ditemukan dan dirapikan. Jangan tumpuk sepatu semua anggota keluarga dalam satu tempat, karena ketika seringkali salah mengambil sepatu hanya akan membuatnya menjadi berantakan.

Tidak harus membeli rak sepatu baru, Anda bisa mendaur ulang kotak atau kardus bekas, mengecatnya, dan memberikan inisial nama sebagai tempat sepatu khusus untuk anak.

Siapkan Bekal Anak
Untuk lebih menghemat waktu Anda di pagi hari, siapkan bekal anak sehari sebelumnya. Anda bisa menggunakan keranjang berisikan beberapa pak plastik bekal. Isi plastik itu bisa buah-buahan, sayuran, biskuit, kue, atau camilan lain.

Sediakan satu rak khusus untuk menaruh bekal anak-anak ini, sehingga Anda akan lebih mudah mengambilnya.

Sediakan Tempat untuk Mengerjakan Tugas
Ketika membeli perlengkapan sekolah seperti alat tulis, siapkan juga alat tulis tambahan untuk ditaruh di rumah. Sediakan tempat khusus bagi anak-anak untuk mengerjakan tugas dan simpan alat tulis tambahan di tempat tersebut.

Membeli ekstra alat tulis tidak hanya berguna untuk digunakan di rumah. Tetapi juga berguna ketika persediaan untuk anak di sekolah habis, hilang atau rusak.

Organisir Kertas-kertas
Saking banyaknya kertas tugas atau tes membuat kertas-kertas tersebut berisiko tercecer. Untuk memudahkan penyimpanan, sediakan sebuah papan khusus untuk menaruh jadwal pelajaran, kalender akademik, menu makan siang dan catatan penting lain yang harus diingat.

Selain menjaga agar tidak hilang, meja di rumah Anda pun akan menjadi bersih dari tumpukan kertas. Anda bisa menyediakan satu kotak khusus untuk anak-anak menaruh kertasnya ketika mereka pulang sekolah, sebelum Anda merapikannya di papan penyimpanan. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.