6 Trik Hemat dan Cermat Belanja Online Selama Ramadan

Avatar of PortalMadura.Com
6 Trik Hemat dan Cermat Belanja Online Selama Ramadan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sudah sangat lumrah setiap masuk bukan hanya banyak orang yang berbelanja tapi banyak layanan yang menawarkan promo menarik. Namun, yang paling penting bagi konsumen yaitu harus bijak dan cermat saat belanja online.

Selain itu, barang-barang yang dibeli harus sesuai kebutuhan dan sesuai manfaat. Nah, ini ada beberapa tips belanja online selama Ramadan. Penasaran?. Berikut penjelasannya:

Pilihan Toko yang Terautorisasi
Salah satu hal yang ditakutkan saat belanja online yaitu penipuan. Untuk itu, belanja online harus berhati-hati, dalam hal ini tentunya perlu ketelitian memilih toko yang ada di platform marketplace.

Jangan takut karena platform marketplace biasanya memberikan tanda atau simbol toko mana yang sudah terautorisasi (terpercaya) dan mana yang belum.

Lihat Rating dan Kolom Ulasan Produk
Untuk Anda yang masih ragu saat toko online mendapatkan tanda autorisasi, Anda bisa menyempatkan diri untuk membaca ulasan produk dari pelanggan sebelumnya. Nah, dari ulasan tersebut Anda bisa memperkirakan kualitas dari barang tersebut.

Aktifkan Push Notification Aplikasi Belanja Online
Marketplace biasanya memberikan newsletter ke email, namun sebagian orang tampaknya tidak suka jika inbox mereka penuh dengan newsletter dari marketplace yang kadang tidak sesuai dengan ketertarikan.

Untuk kasus seperti ini, tidak ada salahnya mengaktifkan push notification aplikasi belanja online yang Anda miliki.

Push notification bisa berfungsi sebagai pengingat, jadi Anda tidak ketinggalan jika ada promo flashsale selama bulan Ramadan dari platform e-commerce.

Bijak Sesuai Kebutuhan
Promo dan diskon memang hadir untuk memikat konsumen agar selalu berbelanja di sebuah platform e-commerce.

Namun, menurut data Accenture, hampir tiga perempat pebelanja online di Indonesia mengaku bahwa harga produk yang murah serta diskon ternyata justru memicu perilaku impulsif dalam berbelanja online.

Apalagi saat Ramadan seperti ini, banyak platform belanja online memberikan diskon. Konsumen sebaiknya tidak mudah terbuai dengan promo dan diskon hingga 90 persen ini.

Konsumen perlu cermat memilih platform mana yang memberi harga terbaik dengan membandingkan harga produk di tiap platform, misalnya dengan aplikasi Shopback.

Manfaatkan Jam Ngabuburit dan Sahur
Studi Shopback menyebut, masyarakat Indonesia banyak berkunjung ke e-commerce pukul 16.00 -17.00. Jam ini merupakan saat di mana masyarakat menunggu buka puasa.

Pada saat ini pula, pelaku e-commerce banyak memberi promo. Begitu juga dengan waktu sahur, yang dimanfaatkan e-commerce untuk menawarkan promo.

Untuk itu, jika ingin mendapatkan promosi di e-commerce, Anda bisa memanfaatkan baik jam menunggu berbuka (ngabuburit) atau saat sahur.

Pilih Metode Pembayaran yang Tepat
Untuk mempermudah transaksi konsumen, biasanya platform e-commerce memberi beragam pilihan metode pembayaran, misalnya lewat kerja sama dengan perbankan hingga program cicilan kartu kredit.

Ada juga pelaku e-commerce yang menawarkan pembayaran cicilan tanpa kartu kredit. Nah, metode pembayaran apapun yang Anda pilih, pastikan untuk memperhatikan platform belanja online yang memberikan diskon seuai dengan kartu yang dimiliki.

Jika masih ragu akan keamanan kartu bank, Anda bisa memilih metode pembayaran di tempat atau cash on delivery (COD). (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.