7 Alasan yang Menyebabkan Olahraga Anda Tidak Membuahkan Hasil

Avatar of PortalMadura.Com
7 Alasan yang Menyebabkan Olahraga Anda Tidak Membuahkan Hasil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hal yang wajar jika kita menantikan hasil dari aktivitas olahraga yang mulai kita lakukan. Alasan kita mulai berolahraga tentu agar merasa lebih bugar atau untuk menurunkan berat badan. Tapi, apa pun alasannya, mengetahui kapan olahraga akan membuahkan hasil bisa menjadi motivasi tersendiri.

Amanda Hughes mengatakan, seberapa besar hasil yang kita peroleh ketika menerapkan rutinitas olahraga tergantung pada kebugaran tubuh saat memulainya. “Jika belum pernah berolahraga sebelumnya, Anda dapat berharap untuk melihat hasil jauh lebih cepat daripada seseorang yang telah berlatih selama bertahun-tahun.”

Melakukan olahraga setiap hari dan tidak juga melihat perubahan pada tubuh? Ya, memang membutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil dari olahraga yang dilakukan, namun pastikan juga rencana dan kebutuhan yang dimiliki agar olahraga berjalan sesuai target.

Ada beberapa alasan mengapa olahraga tidak membuahkan hasil, meskipun serutin apapun dilakukan. Penasaran?

Tidak ada intensitas
Olahraga harus dilakukan dengan intensitas yang membuat diri sendiri nyaman melakukannya. Jika rutin melakukan olahraga, namun tidak juga membuahkan hasil, ini mungkin karena tidak intensitas di dalamnya.

Tidak mencoba latihan kekuatan
Terbiasa lari di treadmill dan melewatkan latihan kekuatan juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa olahraga tidak membuahkan hasil. Latihan kekuatan adalah komponen penting untuk meningkatkan metabolisme.

Fokus untuk menghilangkan lemak
Jika tujuan melakukan olahraga secara rutin adalah menghilangkan lemak, ini harus dihentikan segera. Faktanya, tidak akan ada yang tahu tubuh kehilangan lemak sampai terjadi penurunan berat badan.

Gabungkan latihan kardio, latihan kekuatan secara menyeluruh, dan diet sehat untuk mengurangi lemak dalam tubuh dan menonjolkan otot-otot. Selain itu, jangan mencoba melakukan olahraga hanya untuk mengurangi berat badan di satu area tubuh saja dan mengabaikan area lainnya.

Tidak mengubah rutinitas yang dilakukan
Olahraga yang tidak membuahkan hasil bisa juga karena Anda tidak berusaha mengubah rutinitas yang dilakukan. Cobalah meningkatkan repetisi atau mencoba gerakan baru untuk menargetkan otot-otot dengan cara yang berbeda.

Terlalu banyak olahraga
Overtraining justru bisa berbahaya bagi kesehatan, karena dapat mendorong batas stres tubuh dan menyebabkan kerusakan. Olahraga yang dilakukan terlalu intens juga dapat menyebabkan hipotiroidisme, menyebabkan depresi, kenaikan berat badan, dan gangguan pencernaan.

Tidak cukup waktu tidur
Dengan waktu tidur yang kurang, olahraga tidak akan membuahkan hasil. Kurang tidur berkaitan erat dengan penambahan berat badan, karena tidur dapat membantu mengatur metabolisme dan mengendalikan nafsu makan.

Tidak mengisi tenaga dengan benar
Biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran penting untuk memberi ketahanan, kekuatan, dan fleksibilitas kardio sebelum melakukan olahraga. Makan makanan yang tepat sebelum olahraga dan pastikan untuk mendapatkan protein setelah selesai olahraga untuk membantu memperbaiki jaringan di dalam tubuh.(fimela.com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.