7 Cara Bentuk Karakter Baik Si Kecil

Avatar of PortalMadura.Com
7 Cara Bentuk Karakter Baik Si Kecil
Cara bentuk karakter anak

PortalMadura.Com – Membangun karakter baik pada anak harus dimulai sejak dini, karena hal itu akan berkaitan dengan kelakukan si kecil ketika dewasa kelak. Oleh karena itu, diperlukan peran orang tua untuk pembentukan karakter anak.

Seorang ibu merupakan role model yang terbaik dalam pembentukan karakter anak. Mengapa demikian? Karena ibu menjadi seseorang yang sangat dekat dengan si kecil. Sehingga apa yang ibu lakukan akan di contoh anak dan menjadi kebiasaan yang akan dibawa hingga dewasa.

Nah, ini beberapa cara yang bisa dilakukan orang tua untuk membangun karakter baik pada diri anak:

Ajari Anak Untuk Mencintai
Bunda bisa mengajarkan anak tentang cinta. Ya, cinta terhadap lingkungan, kerabat, teman dan keluarga. Bahkan ketika anak bisa mendahulukan kepentingan orang lain dibanding kepentingan pribadinya, anak-anak bisa dibilang sudah mampu mencintai, Bun.

Ajari Anak Perdamaian
Kemudian ajarkan anak mengenai perdamaian. Beri tahu anak jika sebuah konflik tidak baik dan perlu diselesaikan secepatnya. Kemudian, bila anak melakukan kesalahan, ajari dia untuk minta maaf.

Latih Anak Bersabar
Bunda bisa ajari anak untuk bersabar. Misalnya anak minta segera makan, Bunda bisa minta dia sabar menunggu karena masakan belum matang. Dengan begini, anak terlatih mengontrol keinginannya.

Ajari Anak Kebaikan
Yuk, Bun, ajari anak melakukan kebaikan untuk orang lain. Mulai dari hal simpel aja misalkan mengajak anak memberi uang pada pengemis atau menolong teman yang tertimpa musibah. Cara ini akan menumbuhkan rasa empati pada diri anak.

Tanamkan Sifat Lembut pada Si Kecil
Kemudian ajarkan anak tentang kelembutan. Jika anak melakukan hal yang kasar baik verbal maupun fisik, jangan segan-segan untuk menghentikannya dan ajari anak untuk berkata baik agar tidak menyakiti hati orang lain.

Ajari Anak Mengontrol Diri
Ajarkan anak tentang kontrol diri. Dengan mampu mengontrol diri dan sadar bahwa kadang apa yang terjadi tidak selamanya sesuai kehendak Anda, anak bisa menjalin hubungan yang baik ke depannya.

Tanamkan Nilai Tanggung Jawab dan Tepati Janji
Sejak kecil, Bunda perlu mengajari anak soal tanggung jawab. Termasuk tanggung jawab terhadap apa yang sudah dia lakukan. Contohnya, biasakan anak menyelesaikan apa yang sudah dia kerjakan. Lalu ajari anak untuk tepat janji. Caranya bisa dengan jadi role model. Ketika Bunda berjanji sesuatu pada anak, tepati. Jangan sampai anak kecewa dan menjadi karakter yang tidak bertanggung jawab. Ya, karena anak berpikir janji bisa dengan mudah diingkari.
(detik.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.