7 Cara Bermain di Dalam Rumah Saat Hujan Tiba Agar Anak Tak Merasa Bosan

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Bermain di Dalam Rumah Saat Hujan Tiba Agar Anak Tak Merasa Bosan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di seperti sekarang ini, kebanyakan orang tua merasa khawatir jika membiarkan buah hatinya bermain di luar ruangan. Alasannya, demi tetap menjaga kesehatan mereka. Namun, bukan berarti anak tidak bisa bersenang-senang. Ada banyak hal yang bisa orang tua dan anak lakukan di dalam rumah ketika hujan tiba.

Lantas, bagaimana kalau anak Anda adalah tipe anak yang suka bermain di luar?. Tentu hal ini akan menuntut Anda untuk lebih memutar otak dan memikirkan bagaimana caranya agar anak tetap bermain di dalam rumah tanpa khawatir membuat anak bosan. Apalagi bagi anak yang sedang aktif-aktifnya sehingga setiap hari dituntut untuk menciptakan permainan yang menyenangkan.

Untuk itu, berikut ini tujuh cara bermain di dalam rumah saat hujan tiba agar anak tidak merasa bosan:

Bermain Rumah-rumahan
Jika Anda tidak memiliki tenda anak, Anda bisa memanfaatkan kolong meja yang digabungkan dan dilapisi selimut di atasnya agar menyerupai tenda. Anak jadi senang merasakan sensasi baru bermain di dalam tenda buatan ayah bundanya. Selain itu, ayah bisa melakukan permainan cilukba dengan sembunyi di luar tenda atau dengan tambahan permainan lain.

Bermain di Tumpukan Baju
Tidurkan anak di atas tumpukan baju (bajunya harus sudah bersih) lalu biarkan ia merasakan lembut, tekstur dan wanginya. Dengan memegang beberapa jenis pakaian, sensorinya akan terlatih.

Mobil-mobilan dengan Kardus
Permainan ini bagus untuk melatih anak belajar mengatur keseimbangan tubuhnya. Tentu orang tua harus tetap hati-hati saat mendorongnya.

Menempel Stiker
Siapkan bermacam-macam stiker karakter yang disukai anak, lalu ajak dia menempel stiker tersebut. Bisa di tembok (asalkan stikernya yang mudah dilepas agar tidak merusak tembok) atau di media lain seperti buku, kardus, dan lain sebagainya.

Bermain Gelembung Sabun saat Mandi
Bermain gelembung sabun saat mandi selain membuat waktu mandi si kecil menjadi menyenangkan, juga baik untuk membangun kedekatan antara anak dan orang tua

Menyobek Kertas Koran yang Ditempel di Dinding
Anda bisa menggunakan kertas koran bekas, lalu ditempel di dinding menggunakan lakban bening di setiap tepinya. Kemudian, ajarkan anak untuk merobek kertasnya dari atas ke bawah. Anak akan terlatih motorik dan sensorinya serta juga senang dengan bunyi robekan kertas yang khas.

Baca Juga: 3 Mainan Seru Buatan Sendiri yang Bikin Anak Betah di Rumah

Memasukkan dan Mengeluarkan Mainan dalam Box
Anda bisa meminta anak untuk mengambil mainannya di dalam box satu persatu dengan memberikan contoh terlebih dahulu. Begitu pun sebaliknya, ketika anak memasukkan mainannya ke dalam box kembali.

Permainan ini membuat anak sibuk dan terlatih konsentrasi serta motorik halusnya. Jangan lupa untuk selalu apresiasi setiap usaha anak dengan memberikan pujian yang baik.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.