oleh

7 Cara Cerdas Jadikan Rumah Sejuk Tanpa AC

PortalMadura.Com – Di musim kemarau yang panjang seperti sekarang ini tentu membuat para penghuni rumah mengidamkan hunian yang sejuk. Tidak heran, jika banyak dari mereka yang memilih untuk menempatkan pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) di dalam tempat tinggal mereka.

Sayangnya, penggunaan AC sendiri dianggap tidak ramah lingkungan, karena freon yang digunakan, melansir dari laman Merdeka.com, Senin (21/10/2019). Belum lagi biaya listrik yang harganya mungkin tidak akan murah, tentu membuat pengeluaran semakin membengkak. Lantas, bagaimana cara untuk mendinginkan rumah tanpa harus menggunakan AC?.

Berikut tujuh cara menjadikan rumah sejuk tanpa menggunakan AC, seperti dikutip Merdeka.com dari Rumah.com:

Buat Langit-langit Tinggi

Buat rumah dengan plafon yang tinggi agar ruangan terlihat makin luas dan terasa sejuk. Sebaliknya, plafon rendah bisa membuat rumah terasa sempit dan sumpek. Maka dari itu, menghilangkan plafon sehingga ruang terbuka hingga atap juga bisa jadi pilihan. Untuk mengurangi panas, Anda dapat menggunakan lapisan aluminium foil yang dipasang di bawah genteng.

Buat Bukaan yang Cukup

Rumah juga harus memiliki banyak bukaan yang mengizinkan udara alami masuk. Hal ini dapat menjadi solusi untuk rumah dengan plafon rendah.

Pasang Ventilasi Silang

Sebuah jendela dalam satu ruangan ternyata tidak cukup. Supaya pertukaran udara berjalan baik, perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation), setidaknya dengan dua buah jendela atau lubang angin yang berhadapan.

Loading...

Gunakan Dinding Styrofoam

Dinding styrofoam biasanya dipakai di studio rekaman sebagai peredam suara. Namun, ternyata struktur styrofoam yang tersusun dari butiran tersebut tidak dapat menghantarkan panas. Hal ini yang membuat styrofoam menjadi isolasi termal yang baik.

Baca Juga: Begini 4 Cara Bikin Rumah Nyaman Layaknya di Surga

Pasang Turbine Ventilator

Dipasang di atap rumah, turbine ventilator dilengkapi dengan sirip-sirip untuk menangkap angin. Angin yang berembus, ditangkap sirip dan dialirkan ke dalam ruangan, sehingga terjadi sirkulasi udara dalam ruangan.

Tempatkan Kaca Film

Ada beberapa jenis kaca film yang beredar di pasaran: sekadar untuk menjaga privasi, untuk keamanan rumah, dan menolak panas matahari masuk ke dalam rumah. Kaca film jenis terakhir ini mulai banyak dipakai di gedung atau hunian berkonsep ramah lingkungan, yang ingin sinar matahari masuk tetapi tidak membuat ruangan menjadi gerah.

Perbanyak Tanaman di Ruangan dan Sekitar Rumah

Bagi yang memiliki pekarangan rumah luas tidak ada salahnya untuk mengoleksi tanaman rindang agar dapat membuat rumah menjadi sejuk.

Akan tetapi, apa jadinya jika halaman rumah terbatas?. Solusinya, Anda bisa menanam tanaman rambat menggunakan pergola atau tanaman yang merambat di dinding. Selain membuat suasana adem, tanaman juga memasok oksigen bagi penghuni rumah.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar