7 Cara Hilangkan Bau Tak Sedap pada Mobil yang Terendam Banjir

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Hilangkan Bau Tak Sedap pada Mobil yang Terendam Banjir
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Musim hujan kali ini menyebabkan terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Daerah paling parah terdampak banjir yaitu Jakarta, ketinggian air hingga mencapai leher orang dewasa. Sehingga banyak kendaraan seperti mobil yang menjadi korban bencana banjir.

Air banjir yang kotor dan berlumpur menyebabkan interior mobil akan berbau apek jika tidak segera dibersihkan. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (13/1/2020) dari laman liputan6.com yang dikutip dari www.apritos.com. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk mengusir bau apek pada mobil sehabis terendam banjir:

Copot Semua Komponen yang Ada di Kabin

Seperti karpet, jok, dan komponen lainnya yang harus segera dibersihkan dan dikeringkan.

Pengeringan Jok Mobil Harus Tuntas

Busa jok mobil beserta kain pelapis jok harus dilepas dan diperas terlebih dahulu. Butuh kesabaran dan ketelatenan dalam mengeringkan jok mobil yang terendam banjir ini. Biasanya, untuk mengeringkan jok mobil perlu waktu sekitar dua minggu dengan dijemur di bawah sinar matahari langsung. Dalam mengeringkan jok mobil, tidak boleh menggunakan oven ataupun hair dryer.

Penggunaan alat ini hanya mengeringkan bagian permukaan saja tidak sampai ke dalam, tidak kering maksimal. Untuk cover jok mobil berbahan kulit, waktu pengeringannya lebih cepat daripada cover jok yang berbahan semi kulit. Lalu jangan lupa membersihkan kulit jok dengan pembersih karpet serta semprotan khusus interior.

Bersihkanlah Jok, Sandaran Lengan dengan Kain

Guna mengangkat noda dengan lembut dan mencegah bau jamur akibat banjir. Dan untuk membersihkan noda pada jok kulit membutuhkan syarat khusus. Anda harus menggunakan semprotan khusus untuk jok kulit, agar bisa dibersihkan secara maksimal dan tampak seperti baru lagi.

Baca Juga: Cek 4 Komponen Ini Setelah Motor Terendam Banjir

Karpet Mobil Harus Dijemur Kedua Sisinya agar Keringnya Maksimal

Lembaran-lembaran peredam pada karpet dasar sebaiknya dilepas, dibersihkan, dan dikeringkan. Bersihkan karpet dengan semprotan khusus. Beberapa karpet yang sedikit lebih padat, biasanya harus dibersihkan dengan sikat.

Terdapat Dua Pilihan untuk Mengurus Plafon Mobil

Pertama, ganti dengan plafon baru, kedua mempertahankan plafon lama namun hasilnya akan kurang maksimal. Lem pada plafon mobil hanya sekali pakai dan sekali tempel. Bila memakai jenis lem yang beredar di pasaran, maka hasilnya pengelemannya kurang maksimal untuk jangka panjangnya.

Bau Tidak Sedap pada Mobil Bisa Diakibatkan oleh Saluran AC Mobil

Biasanya pada saluran distribusi AC mobil yang untuk ke kaki (bagian bawah) dan ke bagian belakang. Komponen saluran AC ini menempel pada dek mobil, sehingga sangat mudah untuk dimasuki air. Sebaiknya, pembersihan saluran AC mobil ini dilakukan secara menyeluruh. Bongkar dan bersihkan semua komponen AC mobil.

Komponen Besi dan Baja Bisa Berkarat di Udara Terbuka

Ada beberapa langkah untuk mengurangi risikonya, seperti menggunakan soda kue. Menurut www.apritos.com, soda kue bisa membersihkan dan mengeringkan baja dan memperlambat proses timbulnya karat.

Setelah semuanya terpasang, gunakan silica gel yang dapat menyerap kelembaban di bagasi, serta di bawah kursi.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.