7 Cara Jitu Buat Ruangan Kecil Tampak Lebih Besar

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara Jitu Buat Ruangan Kecil Tampak Lebih Besar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Memiliki rumah besar terkadang hanya menjadi sebuah impian saja. Sebab, dengan semakin bertambah naiknya harga tanah, maka hal ini tentu berimbas kepada maraknya rumah sederhana, dengan ruangan sekat dan kecil.

Meskipun begitu, bukan tidak mungkin Anda dapat membuat ruangan berukuran kecil terlihat lebih besar. Lantas, bagaimana caranya?.

Berikut tujuh cara mudah membuat agar tampak besar:

Warnai Langit-langit
Apa pun yang dilakukan untuk menggambar mata ke atas akan menciptakan ilusi ruang, sehingga lanjutkan dan pilih warna cat yang menyenangkan untuk langit-langit atau bisa memilih wallpaper. Cara lain, Anda bisa menggantung rak atau elemen visual lain, sehingga memberikan tampilan serupa, bahkan membuat lebih mewah.

Ukuran Furnitur Sesuai
Apakah ruangan kecil, berarti Anda membutuhkan furnitur kecil?. Jawabannya tidak. Jika Anda memiliki ruang tamu kecil, lebih baik menaruh satu sofa berukuran besar, dibandingkan mengacaukan dengan sofa-sofa kecil.

Secara umum, semakin banyak item dalam ruangan, maka secara visual akan lebih kacau. Nah, Anda harus melakukan pengukuran untuk memastikan furnitur yang diinginkan secara fisik sesuai dengan ruang.

Membuat Celah Cahaya Masuk
Semakin terang ruangan, maka semakin besar kelihatannya. Jangan pernah menghalangi jendela dengan perabotan. Cobalah untuk memaksimalkan jumlah sinar matahari di dalam ruangan. Untuk kamar yang tidak memiliki jendela, tambahkan lampu lantai di sudut gelap dan lampu meja di setiap permukaan yang tersedia.

Pilih Gradasi di Tirai
Jendela adalah aset terbesar untuk ruangan kecil. Manfaatkan jendela yang dimiliki dengan tidak memilih tirai berat, karena akan menutupi. Anda bisa tidak memilih penutup jendela, atau menambahkan nuansa roman untuk privasi. Jika harus memiliki tirai, maka pilih warna putih atau netral, kemudian gantung lebih lebar dari jendela, sehingga tidak menghalangi cahaya.

Hilangkan Barang-barang tidak Penting
Barang-barang tidak penting adalah musuh terbesar bagi ruangan kecil. Dibanding mengisi rak dengan pernak-pernik kecil, lebih baik memilih barang besar yang tidak membuat kacau ruangan.

Cermin
Cermin atau permukaan reflektif lainnya membantu mendistribusikan cahaya di sekitar ruangan, sehingga membuatnya . Tempatkan cermin tepat di seberang jendela untuk ilusi visual. Menggabungkan furnitur bercermin adalah cara lain yang bisa dilakukan untuk membuat pantulan cahaya yang dibutuhkan ruangan kecil.

Jangan Pilih Barang Print
Kain yang dicetak mungkin tengah tren, tapi keberadaan barang tersebut justru kian membuat ruangan kecil terlihat berantakan. Lebih baik gunakan kain berwarna netral terang untuk perabotan. Jika Anda memang harus memiliki pola di dalam ruangan, tambahkan dengan sedikit dalam bentuk bantal atau aksen dekoratif lainnya. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.