7 Cara Mudah Atasi Mesin Motor yang Kurang Bertenaga

  • Bagikan
7 Cara Mudah Atasi Mesin Motor yang Kurang Bertenaga
Ilustrasi (Moladin)

PortalMadura.Com – Mesin motor merupakan komponen penting pada sebuah kendaraan bermotor. Ruang pembakaran ini melakukan proses pembakaran sehingga menghasilkan energi yang menggerakkan mesin dan kendaraan bisa berjalan dengan baik.

Pemilik motor harus selalu memperhatikan agar mesin selalu dalam kondisi baik. Jika tidak, akan menimbulkan berbagai masalah pada motor Anda. Lantas, apa saja indikasi masalah pada ruang bakar motor yang perlu diperhatikan? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini penjelasannya:

1. Performa mesin motor menurun karena penumpukan karbon pada ruang bakar sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna.

2. Konsumsi BBM menjadi lebih boros. Hal ini disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna karena adanya endapan karbon yang menjadi api pada saat proses pembakaran sehingga menyebabkan adanya bahan bakar yang terbuang secara sia-sia.

3. Temperatur mesin lebih tinggi karena adanya endapan karbon pada ruang bakar yang ikut terbakar dan dapat menyebabkan pre-ignition sehingga temperatur mesin lebih cepat meningkat.

4. Kepala busi menghitam akibat karbon sudah menumpuk dalam ruang bakar dan untuk efek jangka panjangnya akan menyebabkan busi cepat mati.

5. Adanya sisa karbon yang menumpuk pada lubang knalpot yang berasal dari residu karbon pada ruang bakar dan terbawa keluar melalui saluran gas buang.

6. Bila kondisi karbon pada ruang bakar sudah cukup parah dapat menyebabkan loss kompresi (mogok). Banyaknya endapan karbon yang menumpuk pada ruang bakar akan membuat intake valve ataupun exhaust valve tidak dapat menutup dengan rapat, dan dapat menyebabkan hilangnya kompresi pada ruang bakar.

7. Keluarnya asap hitam dari knalpot saat melakukan akselerasi pada rpm tinggi karena tumpukan karbon yang berasal dari ruang bakar ikut keluar melalui saluran gas buang.

Untuk itu perlu dilakukan perawatan ruang bakar motor yaitu:

1. Menggunakan bahan bakar sesuai anjuran dari pabrikan.

2. Penggunaan oli yang sesuai spesifikasi.

3. Service berkala secara rutin.

4. Gunakan produk carbon cleaner yang direkomendasikan untuk membersihkan dan melindungi ruang bakar dari endapan karbon sisa pembakaran.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.