7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Agar Kosmetik Kesayangan Lebih Awet

Avatar of PortalMadura.com
7 Cara yang Perlu Anda Lakukan Agar Kosmetik Kesayangan Lebih Awet
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bagi sebagian wanita, koleksi merupakan barang yang sangat berharga sebagai penunjang penampilan. Apalagi bila kosmetik tersebut sudah lama diidamkan, atau memiliki harga yang cukup mahal.

Kendati demikian, tidak sedikit dari mereka yang belum memahami cara merawat kosmetik yang benar. Sehingga dari ketidaktahuan ini membuat koleksi kosmetik menjadi lebih cepat rusak, dan terpaksa harus dibuang. Lantas, bagaimana cara merawat kosmetik agar ?.

Berikut tujuh cara yang perlu Anda lakukan agar koleksi kosmetik kesayangan tetap baik dan tentunya lebih awet:

Kebersihan
Menjaga produk kosmetik dan peralatan kecantikan agar tetap bersih adalah hal pertama dan mendasar yang harus dilakukan. Usahakan untuk membersihkannya secara rutin, setidaknya sekali seminggu, demi menjaga agar kosemetik tidak terkena bakteri dan kuman.

Selain itu, cuci tangan dengan baik sebelum memulai mengaplikasikan makeup, sehingga kosmetik yang Anda gunakan tidak terkontaminasi.

Suka Menyimpan di Kamar Mandi
Jika Anda mempunyai kebiasaan menyimpan kosmetik di kamar mandi, maka inilah saatnya menghentikan kebiasaan itu. Hal itu perlu dihindari karena air panas bisa menyebabkan produk meleleh. Jadi, simpan kosmetik Anda dalam kondisi dingin, kering dan tidak lembap.

Berbagi Makeup
Dalam saat-saat darurat, mungkin Anda seringkali menggunakan kosmetik dan peralatan kecantikan milik teman. Hal ini seharusnya segera dihindari. Terlepas dari risiko kontaminasi, berbagi kosmetik juga bisa menyebabkan masalah kulit.

Pilih Tube
Produk kosmetik seperti foundation dan lotion, yang seringkali disimpan pada kemasan botol bisa meningkatkan risiko penyebaran bakteri dan infeksi lebih cepat lewat jari. Kosmetik dalam kemasan tube tidak hanya lebih mudah diaplikasikan, tapi juga menjaga bakteri tidak masuk. Untuk menggunakannya, Anda harus menekan tube hingga cairan atau produk keluar dari tube. Sementara sisa produk masih berada di dalam dan bebas dari kuman serta bakteri.

Berhati-hati Soal Lipstik
Pastikan Anda mengelap permukaan lipstik sebelum menggunakannya. Ini akan membantu menghapus kotoran dan kuman yang mungkin ada pada lipstik yang sudah digunakan. Lakukan hal ini setiap kali Anda akan mengaplikasikan lipstik, baik pada lipstik maupun permukaan bibir untuk menjaga kuman tidak menempel.

Tutup Rapat
Biasakan pula, demi melindungi kosmetik dari ekspos bakteri dan kuman, adalah dengan menutup rapat tutup kemasan. Ketika terburu-buru, Anda cenderung lupa menutup kemasan produk kosmetik dengan benar. Sayangnya, hal ini bisa mengundang masuk bakteri dan kuman yang berpotensi menyebabkan kerusakan kulit. Nah, produk kosmetik yang terpapar udara akan lebih cepat kering dan sulit digunakan.

Cek Tanggal Kedaluwarsa
Menggunakan kosmetik kedaluwarsa bisa memberi dampak berbahaya bagi kulit. Jadi, penting untuk mengecek tanggalnya pada setiap kemasan makeup. Anda juga bisa mengeceknya dari tekstur dan bau kosmetik. Jika tekstur dan baunya berubah, kemungkinan kosmetik tersebut sudah kedaluwarsa. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.