7 Gejala Kanker Getah Bening, Kenali Sebelum Terlambat!

Avatar of PortalMadura.com
7 Gejala Kanker Getah Bening, Kenali Sebelum Terlambat!
Ilustrasi (Go Dok)

PortalMadura.Com – Penyakit yang ditakuti banyak orang karena sangat mematikan salah satunya yaitu kanker kelenjar getah bening. Kanker ganas ini menyerang sistem limfatik. Sistem ini menjadi bagian penting dalam membentuk pertahanan tubuh dan menyaring segala keberadaan virus ataupun infeksi di tubuh.

Perlu Anda ketahui, limfatik itu sendiri merupakan jaringan dan organ yang terdiri dari pembuluh getah bening, kelenjar getah bening dan kelenjar getah, di mana amandel, kelenjar gondok, limpa termasuk di dalamnya. Jadi sebelum terlambat menyadarinya, yuk kenali gejala-gejala penyakit kelenjar getah bening.

Berikut gejala-gejala kelenjar getah bening:

Bengkak pada Bagian Kelenjar Getah Bening
Kelenjar getah bening akan keras bila ditekan dan bengkak tanpa sebab yang jelas dan disertai dengan benjolan yang timbul di kelenjar getah bening pada bagian leher, ketiak dan sela paha.

Demam
Demam adalah hal biasa untuk Anda dimana menandakan tubuh sedang mengalami penurunan akibat virus atau bakteri yang menyerang sistem pertahanan tubuh. Tetapi untuk gejala kanker kelenjar getah bening, demam disertai badan mengigil, berkeringat di malam hari yang berkepanjangan.

Baca Juga : Kenali, Cara Mudah Membedakan Kelenjar Tiroid dan Getah Bening

Penurunan Berat Badan
Pada fase ini penurunan berat badan akan sangat drastis dikarenakan kondisi tubuh lebih banyak membakar energi melawan sel-sel kanker yang menyerang tubuh. Biasanya penurunan berat badan ini sebesar 5-10% setidaknya setiap 6 bulan

Selera Makan yang Berkurang
Pada kondisi ini para penderita kanker kelenjar getah bening akan kehilangan selera makan karena lidah terasa terus menerus pahit seperti sedang kurang sehat.

Mudah Lelah
Para penderita kanker akan mudah sekali lelah dalam segala kegiatan dikarenakan kondisi tubuh yang sedang dalam kondisi sehat. Bila Anda mengalami mudah lelah yang terus menerus dalam segala kegiatan tanpa ada penjelasan, alangkah baiknya untuk mengecek kondisi kepada dokter.

Nyeri Dada atau Punggung Dada
Kelenjar getah bening berada pada timus, yaitu organ kecil yang berada di antara paru dan sternum (tulang dada). Jika sel kanker memengaruhi timus, gejala nyeri pada dada bisa terjadi. Selain itu, sel kanker juga bisa menyerang limfa di sekitar punggung bawah. Kondisi ini menimbulkan pembengkakan dan memberi tekanan lebih pada saraf sumsum tulang belakang.

Nyeri Perut
Rasa sakit dan nyeri pada bagian perut akan terjadi dikarenakan adanya pembengkakan pada bagian area dekat pankreas dan sudah merusak limpa yang pada area perut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.