oleh

7 Hal Positif yang Perlu Dilakukan Sejak Usia 20-an

PortalMadura.Com – Seorang anak yang sudah berumur 20-an tahun sebaiknya tidak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain. Pasalnya, di usia ini mereka bukan lagi sosok remaja yang sedang mencari jati diri, melainkan orang dewasa yang sudah mulai memikirkan bagaimana jalan hidup ke depannya.

Bahkan di usia ini, banyak hal yang harus Anda pikirkan. Banyak pula yang harus dipertimbangkan. Sebab, keputusan yang Anda ambil ada sangkut pautnya dengan masa depan Anda kelak. Apalagi bagi Anda yang sudah berusia 20-an, tapi masih saja boros?. Mendingan “say goodbye” mulai dari sekarang.

Jika Anda menginginkan masa depan yang cerah, Anda harus mulai beraksi dari sekarang. Kebiasaan nongkrong, gaming, dan party harus ditinggalkan secara perlahan-lahan. Mulailah untuk selektif dalam memilih mana yang ditolak, mana yang diiyakan.

Maka dari itu, sebelum Anda menyesal di kemudian hari, berikut ini tujuh hal berguna yang perlu Anda lakukan di usia 20-an:

Merancang Keuangan
Poin pertama yang perlu Anda lakukan adalah merancang keuangan. Keuangan merupakan instrumen penting yang menentukan makmur tidaknya hidup Anda pada masa yang akan datang. Tanpa perencanaan keuangan yang baik, hidup Anda akan penuh dengan sikap “ boros” atau “berfoya-foya”.

Memiliki Tujuan Hidup
Salah satu alasan hidup di dunia adalah mencapai tujuan hidup. Sudahkah mengetahui apa tujuan hidup Anda?. Sudahkah tahu apa tujuan Anda bekerja?. Tujuan hidup berkaitan dengan apa yang hendak Anda capai dalam jangka panjang.

Misalnya, membeli kondominium, memiliki apartemen, punya mobil mewah, dan jalan-jalan ke luar negeri. Tujuan hidup yang jelas akan membuat Anda selalu bersemangat untuk mewujudkannya.

Berhenti Menyalahkan Orang Lain
Usia 20-an merupakan usia yang sudah bisa dikatakan matang. Anda sudah bisa menentukan arah dan tujuan hidup Anda. Saat Anda mengalami kegagalan, berhentilah menyalahkan orang lain. Apalagi kalau Anda sampai menyalahkan kedua orang tua Anda.

Sebenarnya, semua keputusan ada di tangan Anda. Orang tua hanya memberikan pandangan terbaik. Selebihnya, tergantung pada Anda. Mau mengabaikan pandangan tersebut atau mengambilnya. Jadi, mulailah menyalahkan diri sendiri dan lakukan koreksi untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Berhentilah Memikirkan Apa yang Dikatakan Orang Lain
Sifat independen harus Anda miliki saat memasuki usia 20-an. Sifat manusia berbeda satu dengan yang lain. Bahkan, Anda dengan orang tua Anda saja sering mengalami cekcok karena perbedaan pendapat, apalagi dengan orang lain?.

Terkadang, Anda suka mengambil pusing apa yang dipikirkan orang lain terhadap Anda. Pada usia 20-an, cobalah buang kebiasaan tersebut. Hal ini bukan berarti Anda mengabaikan semua perkataan mereka. Ambillah tanggapan positif agar diri Anda lebih baik lagi dan buanglah tanggapan negatif yang hanya membuat Anda terhambat.

Berhentilah Menghabiskan Kuota Internet untuk Hal-Hal yang Tidak Berguna
Semua informasi tersedia di internet, baik tentang pekerjaan, bisnis, gaya hidup, dan finansial. Pada poin ini, Anda tidak harus berhenti menggunakan internet. Tapi, lebih mengatur waktu Anda untuk duduk di depan komputer. Apalagi jika hal yang Anda lakukan tidak berguna.

Menggunakan waktu berjam-jam di internet tidak akan sia-sia kalau dilakukan untuk menunjang aktivitas. Namun, akan terbuang sia-sia bila Anda gunakan untuk chatting-an membahas hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan masa depan Anda.

Lebih Bijaksana
Berapa jam waktu yang Anda habiskan untuk bekerja, bersenang-senang, dan untuk keluarga?. Pada poin ini, Anda harus bisa bersikap bijaksana, terutama dalam me-manage waktu. Pada dasarnya, semua hal penting untuk dilakukan.
Namun, Anda harus memilih mana yang menjadi prioritas. Jadilah orang yang bertanggung jawab dan kurangilah untuk melakukan hal tidak berguna yang akan menyita waktu Anda.

Ambil Tindakan Nyata
Agar semua impian yang dirancang bisa tercapai, Anda perlu melakukan tindakan nyata. Bukan sekadar omongan di mulut saja, melainkan realisasinya juga. Berusahalah sekuat tenaga untuk mewujudkan mimpi Anda. Hal yang dulu sebatas angan-angan bisa menjadi realita saat Anda bertindak.

Sudahkah merencanakan hidup Anda dengan baik?. Atau masih terombang-ambing?. Cobalah merenung dan lihat diri Anda. Tanyakan, apa yang Anda inginkan. Jangan lupa juga untuk selalu melakukan tujuh hal berguna di atas. (okezone.com/Salimah)