7 Jurus Jitu Atasi Stress di Tempat Kerja

Avatar of PortalMadura.com
7 Jurus Jitu Atasi Stress di Tempat Kerja
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bekerja di kantor dan dihadapkan dengan layar komputer, kertas laporan kerja setiap harinya tentu dapat membuat orang , lelah dan depresi. Belum lagi, tekanan dari atasan, rekan kerja hingga klien sering kali membuat otak memanas, emosi dan tidak nyaman dengan pekerjaan yang dimiliki.

Lelah dan stres karena pekerjaan sebenarnya adalah hal wajar. Terlebih, bagi Anda yang memiliki masalah lain di luar pekerjaan, seperti masalah dengan suami atau pasangan, bertengkar dengan orang tua atau kesal dengan jalanan yang macet saat berangkat ataupun pulang dari kantor. Namun, usahakan jangan membiarkan stres yang Anda alami semakin buruk atau parah ya.

Stres yang tidak bisa dikendalikan dan dicegah dengan baik, dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit mematikan seperti jantung, paru-paru hingga stroke. Maka dari itu, usahakan agar senantiasa mengendalikan perasaan, emosi dan stres. Berikut beberapa tips untuk menghindari atau mencegah stres tersebut :

1. Sarapan

Sarapan pagi, selain sangat baik bagi kesehatan fisik juga baik bagi kesehatan psikis. Sarapan juga bisa mengendalikan bera badan sekaligus emosi. Untuk itu, Pastikan selalu menyempatkan sarapan pagi sebelum pergi ke tempat kerja atau kantor.

2. Biasakan Jalan Kaki Saat Pagi

Jalan pagi adalah aktivitas yang bisa membuat otak semakin rileks dan nyaman. Ini juga membuat perasaan makin bahagia selama sehari ke depan. Sebelum berangkat kerja, usahakan agar bangun lebih pagi, jalan kaki sebentar dan sarapan lalu berangkat kerja seperti biasanya.

3. Dengarkan Musik

Para ahli percaya, jika musik bisa meredakan emosi dan meningkatkan kreativitas dan fokus otak. Pilihlah musik favorit Anda dan putar untuk menemani Anda kerja.

4. Letakkan Foto Orang Tercinta

Anda pasti punya sosok tercinta dan berarti di hidupmu, letakkan foto mereka di meja kerja Anda. Walau hanya sekedar foto, senyum orang di dalam foto bisa membuat resiko stres Anda berkurang. Senyum mereka juga akan menjadi motivasi tersendiri untuk kesuksesan kinerja Anda sehari-hari.

5. Rapikan Meja Kerja

Meja kerja yang rapi dan bersih akan memperbaiki mood Anda selama bekerja. Meja kerja yang rapi juga akan memberikan aura positif bagi Anda. Nah, mulailah merapikan tempat kerja sebelum dan sesudah Anda melakukan pekerjaan ya.

6. Lakukan Peregangan Tubuh & Pijat Kepala

Bila Anda sudah merasa sangat lelah dan stres, lakukanlah peregangan tubuh juga pijat kepala. Peregangan tubuh bisa dilakukan dengan membungkuk di kursi kerja, melipat tangan, menggerakkan kepala dan mengayunkan kaki. Pijat juga pelipis kepala Anda dengan jari tangan secara pelan dan teratur.

7. Tersenyum

Berusahalah untuk selalu tersenyum meski pikiran sedang stres dan tidak nyaman. Tersenyum adalah obat paling mujarab untuk mengatasi stres. Tetaplah jadi pribadi yang ramah, sabar dan mengerjakan pekerjaan Anda dengan bahagia. Pikirkan bahwa pekerjaan Anda sangat penting bagi Anda dan Anda bisa menyelesaikannya dengan baik seberat apapun pekerjaan itu.(vimale.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.