7 Keunggulan Ban Tubeless, Saatnya Kamu Ganti Ban

Avatar of PortalMadura.com
7 Keunggulan Ban Tubeless, Saatnya Kamu Ganti Ban
7 Keunggulan Ban Tubeless, Saatnya Kamu Ganti Ban

PortalMadura.com- Ban merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor dan memerlukan perhatian khusus. Jenis ban yang cocok untuk dipertimbangkan adalah ban tubeless.

Maka menarik untuk dibahas keuntungan menggunakan ban tubeless.

Ban merupakan komponen penting karena berhubungan langsung dengan kenyamanan dan keselamatan pengendara.

Pengendara akan mendapatkan pengalaman berkendara yang lebih baik jika memperhatikan seluruh bagian sepeda motor, termasuk ban sepeda motor yang digunakan.

Untuk itu, ulasan di bawah ini mungkin dapat menjadi bahan pertimbangan mengapa ban tubeless lebih cocok untuk kendaraan bermotor daripada ban biasa.

Namun, tentunya perlu lebih diperhatikan jenis ban yang digunakan pada setiap sepeda motor, karena masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.

Kelebihan dan Keunggulan Ban Tubeless

Mengenai keuntungan menggunakan ban tubeless pada dasarnya berhubungan dengan keamanan dan kenyamanan. Plus, meski dalam keadaan darurat, pengguna masih bisa memperbaikinya nanti.

Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan ban tubeless.

1. Tidak langsung mengempis jika tertusuk benda tajam

Salah satu keuntungan menggunakan ban tubeless adalah kemampuannya untuk tidak langsung kempes saat tertusuk benda tajam.

Ini tidak diragukan lagi merupakan faktor penting dalam situasi darurat dan mendukung keselamatan pengendara.

Contohnya adalah ketika ban tertusuk semalaman oleh benda tajam, ban bisa bertahan beberapa saat hingga sampai di tambalan ban atau di rumah.

2. Tekanan udara yang disimpan lebih lama

Keuntungan menggunakan ban tubeless adalah tekanan udara yang disimpan lebih lama. Hal ini dikarenakan ban tubeless memiliki lapisan tambahan pada bagian dalam ban.

Bagian dalam ban tubeless disebut inner liner, Ban tubeless juga dianggap memiliki lubang udara yang lebih rapat daripada ban tubed, sehingga ban tidak langsung kempes saat terjadi kebocoran.

Ban tubeless dilapisi dengan bead, chafer, ply 1, ply 2, apex, inner liner, cushion rubber, ply 3, ply 4, TUC dan tread. Lapisan ini akan membuat ban tubeless lebih tahan lama, yang merupakan keuntungan menggunakan ban tubeless.

3. Daya tahan lebih tinggi

Manfaat menggunakan ban tubeless adalah daya tahan lebih tinggi dan lebih kuat. Ini juga yang menjadi ciri utama yang membedakan ban tubeless dengan ban biasa.

Ban tubeless tidak membutuhkan ban dalam karena memiliki sealant cair, Fluid sealant ini digunakan untuk merekatkan bagian-bagian yang diduga bocor.

Saat benda tajam seperti paku tersangkut di ban tubeless, cairan akan menekan bagian yang tersangkut tersebut sehingga tidak bocor.

Pengendara juga tidak perlu khawatir ketika ban tersangkut benda tajam, karena sealant akan memperbaikinya untuk sementara.

Jika ingin melepas paku pada ban, pengguna dapat mencabutnya dalam waktu singkat. Namun, jangan lupa untuk menutup sementara lubang tersebut dengan cairan khusus.

4. Waktu perbaikan yang singkat

Keunggulan penggunaan ban tubeless terkait dengan adanya cairan khusus anti bocor. Cairan inilah yang Anda dapatkan saat membeli ban tubeless.

Cairan ini merupakan solusi darurat, caranya adalah dengan mengoleskannya pada bagian ban yang tertusuk benda tajam dan tunggu hingga mengeras.

Sebagai catatan, menambal dengan cairan anti bocor tidak membuat ban awet. Seperti yang telah disebutkan, tambalan ini hanya boleh dilakukan dalam keadaan darurat sampai Anda dapat menemukan tambalan ban terdekat.

5. Tidak mudah bocor

Keuntungan menggunakan ban tubeless adalah ban tubeless tidak mudah bocor udara. Meski tertusuk benda tajam saat berkendara, ban tubeless lebih aman dan tahan lama.

Pasalnya, ban tubeless memang didesain demikian, dan meski dengan tanda kempes, ban tubeless tetap bisa digunakan untuk jarak hingga 200km. Setelah itu, angin dari ban benar-benar hilang dan perlu diperbaiki.

6. Perawatan yang mudah

7 Keunggulan Ban Tubeless, Saatnya Kamu Ganti Ban

Keuntungan menggunakan ban tubeless adalah perawatannya yang sederhana. Pemilik dengan ban tubeless hanya perlu menjaga tekanan angin agar ban tidak kempes.

Dalam hal pembersihan, cukup dengan menjaga kebersihan ban dan velg agar tidak kendor dan tekanan angin yang kurang memuaskan.

Oleh karena itu, semakin banyak orang yang saat ini menggunakan ban tubeless.

7. Manuver yang lebih baik

Keuntungan menggunakan ban tubeless adalah lebih nyaman dikendarai. Ban tubeless memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik karena bentuk ban lebih kuat dan memberikan grip lebih.

Pegangan yang kuat, berkendara lebih nyaman, aman dan terjamin.

Pengendara tidak perlu khawatir terpeleset di jalanan basah saat hujan.

Itulah informasi terkait keungulan ban tubeless yang bisa kami bagikan untuk anda. (*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.