7 Makanan Sehat yang Bisa Bikin Anda Panjang Umur

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Semua orang pasti ingin berumur panjang, dan salah satu rahasianya yaitu pola makan yang sehat dan beragam. menawarkan protein, karbohidrat, nutrisi, dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga tingkat energi, hidup lebih sehat, dan lebih lama.

Ada beberapa makanan sehat yang bisa Anda konsumsi agar hidup lebih sehat dan lama. Apa saja?. Berikut infonya:

Brokoli
Sayuran ini memiliki kandungan vitamin A dan D yang tinggi. Selain itu, makanan sehat ini juga memiliki sifat antioksidan dan mengandung nutrisi. Karena sayuran ini sebagian besar merupakan air, makan brokoli dengan jumlah besar tidak membuat berat badan naik.

Vitamin B yang terkandung dalam brokoli juga membantu kesehatan kardiovaskular. Sayuran hijau ini juga mengandung litein dan zeaxanthin yang merupakan senyawa alami pencegah katarak dan degenerasi makula.

Tomat
Tomat mengandung air, karbohidrat, vitamin A, C dan mineral seperti potasium. Makanan sehat ini juga mengandung likopen yang merupakan karotenoid dan berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan ini mencegah penyakit kronis dan kardiovaskular.

Jumlah likopen dalam tomat tergantung dari bagaimana cara bertaninya. Faktor penentu lain adalah tingkat kematangan.

Kacang Lentil
Kacang berjenis lentil merupakan sumber protein yang sama seperti daging. Kacang ini mengandung magnesium, seng, dan fosfat.

Lentil juga mengandung vitamin B seperti asam folat. Kandungan ini berperan dalam sel, hormon, dan pembentukan sel darah merah. Selain itu, sistem saraf juga menjadi lebih kebal dan mencegah sembelit.

Chickpea
Kacang asal Mediterania yang kerap disebut kacang Arab ini mengandung lecitin. Sebuah jenis lemak khusus yang membantu mengurangi kadar kolesterol dan menyeimbangkan trigliserida (salah satu jenis lemak yang dibawa aliran darah). Selain itu, kacang ini bisa menyingkirkan racun penyebab sirosis dan hepatitis.

Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh seperti asam oleat. Mineral seperti magnesium dan potasium yang ada membantu penyerapan kalsium, serta berguna bagi kesehatan kardiovaskular. Buah ini juga menawarkan vitamin E, C, dan B6.

Salmon
Salmon kaya akan omega 3 yang membuat ikan ini menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam plasma darah. Salmon juga merupakan sumber protein seperti ikan pada umumnya, serta mengandung vitamin B. Ini membantu tubuh menyerap nutrisi dan memberi energi.

Cokelat Hitam
Cokelat hitam mengandung unsur bergizi seperti protein, lemak, karbohidrat dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, cokelat ini mengandung asam stearat yang merupakan asam lemak jenuh yang tidak meningkatan kolesterol. Dalam makanan ini juga terkandung teobromine, zat yang berfungsi sebagai pembersih darah. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.