7 Makanan yang Ampuh Atasi Wajah dan Mata Sembap dalam Semalam

Avatar of PortalMadura.com
7 Makanan yang Ampuh Atasi Wajah dan Mata Sembap dalam Semalam
ilustrasi

PortalMadura.Com di pagi hari tentu pernah dialami oleh sebagian besar orang. Kondisi seperti ini pasti bisa menimbulkan rasa tidak percaya diri, terutama bagi kaum hawa yang memiliki aktivitas di luar rumah.

Penyebabnya pun bermacam-macam, seperti mengonsumsi garam yang berlebihan, alkohol, atau manis dalam jumlah besar bisa menyebabkan penumpukan cairan di area wajah dan perut. Dehidrasi juga bisa menjadi pemicu kondisi ini.

Sebenarnya, dibiarkan saja pun kondisi wajah akan kembali seperti semula. Namun, jika Anda ingin mengatasi wajah dan mata sembap dalam waktu yang relatif singkat, coba konsumsi beberapa makanan dan minuman di bawah ini.

Berikut ini uraiannya:

Air Mineral
Cara terbaik untuk meluruhkan cairan yang menumpuk di wajah dan perut adalah menggelontornya dengan cairan. Minum air putih merupakan pilihan paling aman dan menyehatkan. Air mineral juga bisa membantu mengatasi sembap yan disebabkan dehidrasi.

Buah dan Sayuran Berair
Selain air mineral, buah dan sayuran yang kaya akan kandungan air juga bisa membantu mengatasi wajah sembap dari dalam. Buah-buahan seperti semangka dan nanas, mentimun serta batang seledri juga menghasilkan banyak cairan.

Peterseli
Peterseli bisa membantu mengatasi sembap pada area mata. Menurut pendiri Beth Warren Nutrition, Beth Warren, R.D.N., peterseli juga bersifat diuretik. Sayuran beraroma harum ini juga akan membantu mencuci ginjal dari kelebihan cairan di dalam tubuh dan mengeluarkannya lagi lewat air seni.

Pisang
Potassium yang ditemukan dalam pisang membantu mengatur tingkat hidrasi dan elektrolit di dalam tubuh Anda. Kandungan ini akan melawan efek negatif dari makanan yang diproses berlebihan.

“Sodium menahan semua air dalam tubuh kita sedangkan potasium memiliki efek sebaliknya,” kata pemilik Wellness Nutrition Concepts, LLC.Ashvini Mashru, R.D.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Anaerobe, juga menemukan bukti bahwa pisang bisa membantu mengatasi penumpukan cairan yang membuat perut buncit hingga 50 persen.

Air Kelapa
Air kelapa yang katanya bisa bikin gemuk itu ternyata justru ampuh untuk mengatasi sembap dan perut buncit. Secangkir air kelapa mengandung 600 mg potassium, lebih banyak daripada sebatang pisang.

Jahe
Menurut ahli nutrisi klinis di San Diego, Tara Coleman, sifat anti-inflamasi dan antibakteri pada jahe sangat efektif mengatasi sembap dan buncit. “Jahe mengandung enzim pencernaan yang disebut zingibain, yang membantu tubuh memecah protein. Ini adalah salah satu alasan mengapa sushi biasanya disajikan dengan jahe” ujarnya.

Cara terbaik untuk menikmatinya adalah dengan membuat secangkir teh jahe hangat. Menghirupnya sebelum, selama, atau setelah makan akan membantu tubuh Anda menstimulasi air liur, cairan empedu, dan cairan lambung yang membantu pencernaan.

Lemon
“Komposisi atomik dari air perasan lemon sangat sebanding dengan cairan di dalam pencernaan perut, serta air liur dan empedu, jadi benar-benar membantu meredakan gejala gangguan pencernaan seperti kembung dan sendawa,” kata Coleman.

Air lemon juga bisa membantu meluruhkan kelebihan cairan yang menumpuk di wajah dan area mata. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.