oleh

7 Manfaat Grapeseed Oil untuk Kecantikan

PortalMadura.ComGrapeseed oil atau yang lebih dikenal dengan sebutan minyak anggur merupakan salah satu produk sampingan yang dihasilkan dari proses pembuatan minuman anggur (wine). Cara pengolahannya, yaitu anggur segar diperas untuk mengeluarkan cairannya, lalu biji anggur yang tersisa diekstrak minyaknya. Minyak inilah yang bisa dimanfaatkan sebagai vitamin wajah.

Menurut ahli dermatologi dari New York Dermatology Group, Manhattan, Dr. Allan Izikson, minyak yang diekstrak dari biji anggur ini baik untuk kulit sensitif dan rawan alergi, seperti dikutip PortalMadura.Com, Jumat (26/7/2019), dari laman merdeka.com. Lantas, apa saja manfaat grapeseed oil untuk kecantikan?.

Berikut tujuh manfaatnya:

Melembapkan tanpa Menyumbat Pori

Kandungan pelembap alami yang terdapat dalam grapeseed oil ternyata mudah diserap oleh kulit. Sehingga menggunakan minyak ini secara teratur akan menjadikan wajah lembap namun tidak berminyak. Konsistensinya yang ringan juga membuat minyak biji anggur tidak mudah menyumbat pori-pori. Jadi tidak akan memicu timbulnya jerawat atau komedo.

Menjadikan Kulit Kencang dan Awet Muda

Vitamin C dan vitamin E di dalam grapeseed oil sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Minyak biji anggur ini juga kaya akan antioksidan. Jadi, jika digunakan secara teratur, grapeseed oil bisa memperlambat munculnya gejala penuaan. Beberapa gejala di antaranya adalah kulit kusam, keriput, dan flek di wajah.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar UV

Beraktivitas di bawah paparan sinar matahari memang membuat sebagian kaum hawa khawatir akan kesehatan kulitnya. Untuk itu, gunakan grapeseed oil pada wajah sebelum dan sesudah beraktivitas. Pasalnya, nutrisi di dalam minyak biji anggur ini bisa melindungi sekaligus memulihkan kondisi kulit yang mengalami kerusakan karena paparan sinar ultra violet.

Loading...

Memudarkan Kantung Mata

Siapa sangka, ternyata minyak biji anggur kaya akan vitamin C?. Karena itulah minyak biji anggur atau grapeseed oil bisa digunakan untuk merawat area sekitar mata yang bermasalah dengan kantung mata. Jika digunakan secara teratur, kantung mata akan memudar perlahan-lahan.

Baca Juga: Ladies, Ini 5 Khasiat Cooking Oil untuk Perawatan Kulit yang Perlu Anda Ketahui

Mencegah Peradangan

Menurut penelitian yang dilakukan Linus Pauling Institute, asam lemak omega-6 dan omega-3 sangat penting untuk fungsi dan penampilan kulit. PUFA omega-6 utama yang terkandung di dalam minyak biji anggur adalah asam linolenat. Asam lemak ini dapat membantu mengurangi inflamasi atau peradangan di lapisan tengah dan luar kulit.

Menyehatkan Rambut dan Kulit Kepala

Bila seseorang mengalami permasalahan rambut, seperti rambut rontok, dan ketombe yang sering disebabkan oleh kulit kepala kering, mengoleskan minyak biji anggur ke kulit kepala dapat membantu melonggarkan kulit mati dan mengembalikan kelembapan. Karena minyak biji anggur ini dapat memperbaiki kondisi rambut dan kulit kepala.

Selain itu, minyak biji anggur ini ringan dan tidak memiliki efek berat serta berminyak. Saat diaplikasikan pada rambut Anda, minyak biji anggur menambah kelembapan, kekuatan, dan kilau.

Mengatasi Kerontokan

Asam linolenat di dalam minyak biji anggur diduga bisa merangsang pertumbuhan rambut. Sehingga minyak ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk kebotakan. Grapeseed oil mengandung flavonoid yang disebut oligomer procyanidin. Ini adalah antioksidan kuat yang terbukti dapat menginduksi pertumbuhan rambut.


Rewriter : Salimah
Sumber : merdeka.com

Komentar