IPTEK  

7 Negara Eksportir Robot Paling Besar di Dunia, Prancis Salah Satunya

Avatar of PortalMadura.com
7 Negara Eksportir Robot Paling Besar di Dunia, Prancis Salah Satunya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di zaman yang serba canggih seperti sekarang ini, semakin berkembang. Bahkan, di berbagai perusahaan manufaktur semakin banyak menggunakan untuk menangani pekerjaan.

Menariknya lagi, robot dikatakan sudah mengekspansi ke dalam bisnis jasa, seperti pelayan restauran, kasir dan lain sebagainya. Akibatnya, banyak negara mulai melirik bisnis robot sebagai komoditas ekspor andalan. Tahun 2017, nilai ekspor industri robot sudah mencapai US$ 4 miliar dan naik 31 persen dari tahun 2016. Sungguh kenaikan yang besar bukan?.

Lantas, negara apa saja yang menikmati kue ekonomi industri ini dan seberapa keren perkembangan robot di industri negara mereka?.

Berikut ini uraiannya:

Jepang
Kalau bahas robot, pasti Jepang adalah salah satu negara dengan inovasi robot yang terkemuka. Bahkan, sering Anda melihat berita tentang banyaknya pekerjaan yang sudah mengandalkan robot di negara ini.

Tidak heran, Jepang mampu memimpin dan mendominasi hingga 36,6 persen ekspor robot dunia dengan nilai US$ 2,2 miliar naik 76,8 persen dari tahun 2013 dan tentu dari tahun ke tahun akan terus meningkat mengingat permintaan yang terus naik dari bidang industri dunia.

Jerman
Negara dengan ekonomi terbesar di Benua Eropa ini tidak mau kalah untuk mengembangkan industri robotnya, walau tidak mampu menyaingi Jepang nilai ekspor negara ini di bidang industri mampu mencapai US$ 858,5 Juta atau sekitar 14,2 persen pangsa ekspor komoditi ini.

Italia
Italia yang terkenal dengan pariwisata sejarah dan mobil mewahnya juga unjuk gigi dalam bidang robotik. Menempati urutan ketiga sebagai negara pengekspor terbesar dalam bidang robot, mampu meraup nilai US$ 392,5 Juta atau sekitar 6,5 persen saja.

Prancis
Sebagai negara maju industrinya, Prancis juga menjadikan industri robot sebagai andalan di masa depan. Inovasi teknologi dalam bidang robot dari negeri yang terkenal akan keromantisannya ini walau masih kalah dari Italia, mampu mencapai US$ 332,8 Juta atau hanya sekitar 5,5 persen saja.

Amerika Serikat
Amerika Serikat sebagai negara adigdaya ternyata tidak mampu bersaing dalam pasar ekspor industri robot, negara ini hanya mampu bertengger di posisi kelima dengan pendapatan US$ 303,3 Juta pada tahun 2017 atau hanya sekitar 5 persen saja.

Tiongkok
Negara dengan cadangan devisa terbesar di dunia, rupanya sudah unjuk gigi. Perkembangan ekonomi yang pesat diiringi juga oleh industri yang semakin mantap termasuk industri robot. Negara dengan kota terbesarnya di Shanghai ini mampu mendapat pendapatan ekspor US$ 207,9 Juta atau sekitar 3,4 persen.

Korea Selatan
Negeri Gingseng ini seperti Anda tahu juga terkenal akan industri teknologi seperti senjata dan kendaraan, jadi tidak heran jika mampu unjuk gigi dalam bidang ekspor robot. Pendapatan yang mampu diraih negeri yang terkenal akan K-pop ini adalah US$ 198,7 Juta atau sekitar 3,3 persen pangsa pasar. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.