7 Tanda Anda Jadi Pegawai Kesayangan Pimpinan

Avatar of PortalMadura.com
7 Tanda Anda Jadi Pegawai Kesayangan Pimpinan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Di antara para pegawai yang lain, sebagian dari Anda pasti ingin mendapatkan pengakuan lebih dari atasan. Dalam hal ini, pujian atas kerja keras dalam mengerjakan tugas tentunya Anda harapkan selama bekerja.

Namun, tidak semua bos mengucapkan pujian itu secara langsung kepada bawahannya. Ada tipe pimpinan yang sulit untuk diprediksi, apakah dia puas atau malah kecewa dengan pekerjaan yang Anda lakukan.

Nah, berhubung tidak semua atasan bersikap terbuka, ada beberapa tanda yang bisa Anda cermati yang mungkin menunjukkan tanda apakah atasan terkesan dengan kinerja Anda. Inilah tanda-tanda tersebut:

Memberi Peringatan
Suzanne Bates, CEO Bates Communications dan penulis All the Leader You Can Be, mengatakan, memang sulit untuk mengetahui apakah atasan menyukai kita atau tidak.

“Tapi, seorang atasan yang melihatmu sebagai orang yang menjanjikan dapat memberimu banyak umpan balik, tidak semuanya positif”. “Beberapa di antaranya mungkin adalah peringatan, masukan, justru karena dia melihatmu sebagai seseorang yang dapat mengatasi beban tugas, dan siap untuk lebih bertanggung jawab,” ucap Bates.

Meminta Masukan
Bruce Tulgan, pendiri Rainmaker Thinking dan penulis It’s Okay to Manage Your Boss, mengatakan, bos sering meminta saran kepada karyawan yang mereka sukai dan percaya.

“Jika atasan sering meminta masukanmu secara pribadi atau dalam pertemuan kelompok, dan menyisakan banyak waktu untuk mengajakmu bicara, lalu merespons dengan baik apa yang Kamu katakan -ini adalah tanda yang baik,” ucap dia.

Tak Selalu Memberi Pujian
Kita mungkin berpikir bahwa seorang pemimpin akan selalu memuji karyawan yang disukai. Namun, Bates mencatat bahwa hal ini tidak selalu terjadi.

“Bos mengira Kamu sudah tahu bahwa reputasimu sudah baik, mereka hanya tidak ingin menunjukannya”. “Atau, dia lupa karena terlalu banyak prestasi yang sudah Kamu lakukan,” ucap dia.

Dalam kondisi semacam ini, Bates merekomendasikan agar Anda meminta dia memberi umpan balik dan menjelaskan bagaimana kinerja Anda. Senada dengan Bates, Tulgan juga mengatakan, karyawan memang seharusnya berinisiatif untuk meminta umpan balik pada pimpinannya.

“Kamu harus selalu memastikan bahwa Kamu mendapatkan ekspektasi yang jelas, dan Kamu harus memantau kinerjamu setiap saat,” ucap Tulgan.

Setelah mendapatkan umpan balik dari kinerja Anda, Tulgan menyarankan agar Anda mempertahankan atau malah meningkatkan kinerja baik.

Memberi Lebih Banyak Tanggung Jawab
Atasan sering kali memberi kepercayaan lebih kepada mereka yang dianggap paling berbakat. Anda mungkin tidak akan mendapatkan lencana bintang emas, tapi Anda akan bertanggung jawab atas proyek penting.

Bahkan, Anda juga bertanggung jawab atas kinerja rekan kerja lain. Ini merupakan bentuk kepercayaan yang baik.

Menghargai Lebih
Ketika teman-teman kerja Anda berjuang untuk memperbaiki kinerja, atasan kita malah meminta rekan kerja yang lain untuk menemui kita, demi mendapatkan contoh yang bagus

“Jika atasanmu menyuruh orang lain menemuimu untuk mendapatkan panduan atau instruksi atau contoh kerja bagus, ini pertanda baik,” kata Tulgan.

Sering ‘Memeriksa’ Kehidupan
Tulgan mencatat bahwa bos akan selalu berusaha untuk ‘memeriksa’ pekerja yang dia sukai. Dia akan bertanya tentang apa yang membuat Anda bahagia, apakah Anda berencana untuk pergi, dan bagaimana caranya agar perusahaan membuat Anda betah.

Ingat, bos itu tidak sedang menginterogasi. Dia hanya memikirkan bagaimana caranya agar Anda betah bekerja di perusahaan yang dia pimpin. Itu bagus.

Meminta Untuk Mengajari Rekan Kerja Lain
Jika atasan Anda terus-menerus meminta untuk menjelaskan hal-hal seputar pekerjaan untuk pegawai baru, mungkin ini akan terasa seperti menambah tugas.

Tapi, atasan Anda mungkin juga sangat terkesan dengan kemampuan Anda, sehingga dia menginginkan Anda membagikan ilmu. Alih-alih melihat permintaan ini sebagai pekerjaan ekstra sibuk, gunakan ini sebagai kesempatan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan dan menunjukkan keahlian di kantor. (kompas.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.