700 Lebih Temukan NIK Invalid , Panwaslih Dasuk ‘Panggil’ UPT Kependukcapil

Avatar of PortalMadura.Com
700 Lebih Temukan NIK Invalid , Panwaslih Dasuk 'Panggil' UPT Kependukcapil
Ist. Gazali

PortalMadura.Com, – Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, akan melakukan klarifikasi atau ‘pemanggilan' terhadap pihak UPT Kependudukan dan catatan Sipil (Kependukcapil) setempat, Jumat (16/10/2015).

“Upaya melakukan klarifikasi ini, untuk mengetahui secara pasti kenapa banyak pada data pemilih Pilkada Sumenep, khususnya di wilayah Dasuk,” terang Ketua Panwaslih Kecamatan Dasuk, Sumenep, Gazali, pada PortalMadura.Com, Selasa (13/10/2015).

Menurutnya, langkah tersebut ditempuh, guna mencari kejelasan siapa pembuat NIK Invalid tersebut. “Mayoritas, NIK Invalid itu, dibuat asal-asalan, dan tidak sesuai dengan tanggal, bulan dan tahun lahir seseorang,” katanya.

Hasil dari klarifikasi tersebut, sambungnya, tidak menutup kemungkinan akan melakukan klarifikasi yang sama kepada komisioner PPK atau PPS di wilayah Dasuk.

“NIK Invalid itu, sudah masuk dalam rekomendasi Panwaslih sebelum dilakukan penetapan DPT oleh PPK. Tapi, PPK dan PPS tidak melakukan upaya perbaikan. Makanya, NIK Invalid ini harus klir dan harus ada solusi,” pungkasnya.(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.