8 Cara Jitu Atasi Smartphone yang Tak Bisa Dicas

Avatar of PortalMadura.com
8 Cara Jitu Atasi Smartphone yang Tak Bisa Dicas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain overheat, smartphone yang kadang tidak bisa dicas juga menjadi hal yang sangat menyebalkan. Aktivitas komunikasi pun jadi terganggu.

Oleh karena itu, dari pada Anda terburu-buru membawa ke tempat service, coba perbaiki dulu sendiri. Ada beberapa langkah yang mungkin bisa Anda coba sebelum mengeluarkan biaya buat service smartphone.

Berikut delapan cara mengatasi smartphone yang tidak bisa dicas:

1. Pastikan stop kontak dan port USB tempat Anda mengisi baterai berfungsi normal. Kadang, smartphone Anda tidak bisa di-charge karena memang dua hal itu sudah rusak dari awalnya.

2. Cek adapter dan kabel charging. Kalau tidak berfungsi di smartphone Anda, pakai smartphone lain. Pastikan juga kabel terpasang dengan baik dan tidak kendur.

3. Cek keaslian adapter dan kabel Anda. Biasanya, charger adapter palsu justru malah tidak mampu mengisi daya smartphone.

Contohnya, kabel iPhone membutuhkan microchip khusus yang berlisensi, jadi kalau palsu atau tidak ada lisensi, bisa jadi itu yang menyebabkan smartphone tidak bisa dicas.

Baca Juga: Tak Perlu Matikan Smartphone Tiap Hari, Ini Alasannya

4. Bersihkan port charging dari kotoran yang menyumbat dengan meniupnya atau menggunakan alat seperti tusuk gigi. Tapi hati-hati, jangan sampe merusak port charging.

5. Restart smartphone Anda.

6. Periksa perangkat lunak di smartphone dan pastikan ter-update hingga ke versi terbaru. Tapi kalau update-nya malah bikin smartphone tidak bisa di-charge, hapus versi baru tersebut.

7. Cek baterai. Kadang, baterai yang umurnya sudah tua punya daya yang lemah dan tidak bisa lagi menerima pengisian daya. Coba download aplikasi Ampere atau AccuBattery untuk melihat status kesehatan baterai Anda.

8. Ingat-ingat, apakah pernah terjadi sesuatu pada smartphone sebelum tidak bisa dicas, misalnya terkena air atau jatuh?. Meski ada smartphone yang diklaim tahan air, tetap saja ada peluang air bisa merusak mesin di dalam.

Jika cara-cara di atas belum berhasil, mau tidak mau Anda harus memperbaikinya ke teknisi sebelum terlambat. Pastikan juga membawanya ke toko service resmi. Selamat mencoba!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.