8 Cara Unik Untuk Bakar Kalori, Mau Coba?

Avatar of PortalMadura.com
8 Cara Unik Untuk Bakar Kalori, Mau Coba?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Olahraga mungkin sudah mainstream untuk dilakukan dalam membakar kalori. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membakar kalori tanpa olahraga. Cara ini mungkin sangat cocok bagi Anda yang tidak menyukai olahraga namun ingin berat badan naik. Penasaran cara apasajakah itu ? Yuk simak penjelasannya

Sering Tertawa
Tahukah Anda, tertawa selain membuat kita bahagia ternyata juga dapat membakar kalori. Suatu hal yang mungkin tidak disangka sebelumnya, bukan? Tapi, hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Riset yang melibatkan 45 pasangan yang menonton film lucu menunjukkan bahwa tertawa selama menonton film lucu dapat meningkatkan metabolisme sebesar 10-20%.
Sebab ketika tertawa, tubuh akan meningkatkan detak jantung. Hal ini kemudian akan meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 10-20%. Sehingga, kalori dalam tubuh akan terbakar lebih besar saat tertawa.

Minum Air Dingin
Banyak orang menyangka bahwa minum air dingin dapat mendorong penumpukan lemak. Sehingga, banyak yang melarang minum air dingin saat sedang diet penurunan berat badan. Namun faktanya, minum air dingin justru dapat membantu tubuh membakar kalori.

Saat minum air dingin, tubuh akan meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan panas agar suhu tetap terjaga. Sehingga, tubuh akan membakar lebih banyak kalori.
Penelitian membuktikan bahwa minum air dingin sebanyak 500 ml dapat meningkatkan kalori yang terbakar sebanyak 24-30% selama 90 menit.

Mengunyah Permen Karet
Cara membakar kalori berikutnya adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan kalori dari makanan.

Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Rhode Island. Penelitian tersebut mendapati bahwa orang yang mengunyah permen karet mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang dan tidak mengonsumsi makanan yang lebih banyak lagi pada waktu makan selanjutnya. Namun, pastikan permen karet yang Anda pilih adalah yang bebas gula.

Mendonorkan Darah
Saat mendonorkan darah, jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh akan meningkat. Sehingga, donor darah bisa menjadi salah satu cara membakar kalori yang bisa kita coba. Selain itu, donor darah juga sekaligus dapat membantu orang yang memerlukan, bukan?

Setelah kita donor darah, tubuh membutuhkan energi untuk membentuk protein baru, sel darah merah, dan komponen darah lainnya untuk menggantikan darah yang hilang. Sehingga tubuh akan membakar kalori lebih banyak.

Namun, tentu tidak bisa mendonorkan darah setiap hari, beri jeda waktu setidaknya delapan minggu untuk donor darah lagi.

Berbelanja
Saat berbelanja, kita mungkin tidak sadar bahwa sebenarnya sedang berolahraga kecil. Hal terseut dapat Anda buktikan dengan menghitung berapa langkah yang dapat dihasilakan saat berbelanja.

Setiap langkah ini tentu membakar kalori yang ada dalam tubuh, terlebih jika berjalan cepat dan menaiki tangga saat berbelanja. Ini merupakan salah satu cara membakar kalori yang menyenangkan terutama bagi wanita.

Membersihkan Rumah
Membersihkan rumah memang melelahkan. Tapi ini bisa dimanfaatkan untuk membakar kalori lho. Membersihkan jendela saja, sebenarnya kita sedang membakar sekitar 65 kalori. Belum lagi jika kita juga membersihkan lantai, kamar mandi, dan hal lainnya. Jadi, selain rumah menjadi bersih, kalori juga terbakar.

Menggerakkan Tangan dan Kaki
Saat sedang gelisah atau bosan, kita mungkin secara tidak sadar akan menggerak-gerakkan kaki atau jari tangan, misalnya mengetukkan jari ke meja. Tahukah Anda bahwa ternyata ini juga dapat membakar kalori.

Bahkan, sebuah penelitian membuktikan bahwa orang yang gelisah saat duduk atau berdiri dapat membakar kalori 5-6 kali lebih banyak dibandingkan orang yang hanya diam saat duduk atau berdiri.

Bercinta
Satu hal lagi yang ternyata dapat membakar kalori adalah berhubungan seksual. Ketika bercinta, kita membutuhkan banyak energi, apalagi jika dilakukan dengan penuh gairah.

Berbeda posisi seks, berbeda juga jumlah kalori yang dibakar. Pria dapat membakar sekitar 350 kalori per jam saat melakukan posisi misionaris. Sedangkan, wanita dapat membakar sekitar 200 kalori saat melakukan posisi cowgirl selama 30 menit.

Itulah cara lain yang dapat Anda coba untuk membakar kalori. Semoga bermanfaat. (kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.