8 Energi Terbarukan Harapan Masa Depan Manusia

Avatar of PortalMadura.Com
8 Energi Terbarukan Harapan Masa Depan Manusia
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tahukah Anda untuk membuat makanan, bepergian hingga main gadget, kita memerlukan energi. Energi merupakan kebutuhan dasar hidup manusia dan memegang peranan yang cukup penting dalam menggerakkan roda perekonomian suatu bangsa.

Untuk memenuhi kebutuhan energi ini Indonesia ternyata merupakan salah satu negara dengan potensi energi terbarukan (renewable energy) yang sangat melimpah. Sayangnya sumber-sumber energi terbarukan tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal.

Berikut adalah 8 jenis sumber energi terbarukan yang dapat menjadi harapan masa depan manusia.

1. Cahaya Matahari
Energi matahari, berasal dari panas sinar matahari dan radiasi cahaya yang dapat di konversi menjadi energi listrik. Beberapa tahun sekarang ini, teknologi energi cahaya ini menjadi salah satu yang berkembang cepat dibandingkan energi terbarukan lainnya.

Berdasarkan cara untuk menangkap cahaya matahari, mengkonversi dan mendistribusikan energi cahaya, maka terdapat dua teknologi yang digunakan, yakni passive solar dan active solar. Perbedaan utama dari segi material yang digunakan untuk menangkap radiasi matahari.

Sekarang ini, manusia lebih tertarik mengembangkan active solar, karena lebih ekonomis dan aplikatif, seperti solar panels untuk penghangat air atau pendingin ruangan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.