8 Khasiat Tersembunyi Susu untuk Perawatan Wajah dan Rambut

Avatar of PortalMadura.com
8 Khasiat Tersembunyi Susu untuk Perawatan Wajah dan Rambut
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, susu juga kerap dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Sebab, senyawa laktosa yang terkandung pada susu dapat mengatasi kulit terbakar akibat sinar matahari, menghilangkan bekas jerawat, menyehatkan rambut, hingga mencerahkan kulit.

Nah, bagi Anda yang ingin memiliki masalah dengan kulit kering, pori-pori membesar, maka sangat dianjurkan untuk memanfaatkan susu sebagai bahan alami untuk kesehatan kulit.

Baca Juga: 11 Manfaat Susu Bagi Kecantikan, Begini Cara Penggunaannya

Berikut delapan khasiat susu untuk kecantikan wajah dan Rambut:

Pelembap untuk Kulit Kering
Susu memiliki kemampuan dalam mengatasi kulit kering, karena merupakan kesatuan dari air, lemak, dan protein yang dapat menggantikan kembali faktor pelembap alami yang hilang hingga menyebabkan kekeringan pada kulit.

Jika Anda memiliki masalah tersebut, Anda cukup mengoleskan susu di bagian kulit kering, termasuk pada wajah. Diamkan selama 10 menit, kemudian basuh dengan air dingin. Untuk hasil yang maksimal, pastikan untuk menggunakan secara rutin.

Pembersih untuk Kulit Sensitif
Jika Anda memiliki kulit yang sangat sensitif saat menggunakan produk-produk kecantikan, Anda bisa mengatasinya dengan susu. Anda cukup melakukan hal yang mudah, yakni dengan memijat wajah dengan susu dua kali sehari, lanjutkan dengan kapas basah dan tepuk perlahan.

Mengenyalkan Wajah
Susu mengandung berbagai macam mineral dan vitamin yang sangat diperlukan untuk kecantikan wajah. Wajah akan tampak sehat dan kenyal jika Anda rutin menggunakan susu. Caranya cukup mudah, ambil 2 sendok makan bubuk susu murni, tuangkan dalam mangkuk dan tambahkan 1 sendok makan madu plus kapsul vitamin E, aduk hingga merata kemudian oleskan pada wajah Anda. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Menghilangkan Jerawat
Jika Anda memiliki wajah yang berjerawat, susu bisa menjadi solusi untuk menghilangkan jerawat. Caranya, ambil satu sendok teh susu bubuk, kemudian tambahkan kunyit bubuk dan perasan air lemon. Aduk hingga merata dan oleskan pada wajah yang berjerawat. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin hingga bersih. Gunakan secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Memutihkan Kulit
Susu mengandung asam laktat yang cukup tinggi, kandungan tersebut baik untuk menghaluskan kulit. Cara penggunaannya cukup mudah, masukan susu murni segar ke dalam mangkuk dan celupkan kain lap lembut, peras kemudian terapkan ke kulit wajah Anda. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengecilkan Pori-pori
Pori-pori membesar memang menjadi masalah pada sebagian besar orang. Jika Anda memiliki masalah ini Anda bisa menyiasati dengan penggunaan susu. Anda bisa mengoleskan sour milk pada wajah hingga leher, diamkan selama 15 menit, setelah itu bersihkan dengan air.

Perawatan Rambut Rontok
Rambut menjadi salah satu yang sangat penting bagi wanita. Jika rambut sudah mulai rontok, maka wanita akan merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan susu. Sediakan kopi, yogurt, telur, minyak almond, minyak zaitun, dan beberapa tetes susu mentah. Campurkan seluruh bahan tersebut, lalu gunakan sebagai masker rambut, diamkan selama 1 jam dan kemudian bilas dengan air hangat.

Perawatan Rambut Kering dan Kasar
Susu dapat menutrisi rambut dari dalam dan luar sekaligus. Untuk membuat rambut agar lebih halus dan mudah diatur, Anda cukup mengoleskan susu pada kulit kepala. Atau jika Anda ingin repot sedikit, Anda bisa mencampurkan 3 sendok makan susu, setengah buah pisang, satu sendok makan madu, dan satu sendok makan minyak zaitun. Setelah dihaluskan secara bersamaan, kemudian oleskan pada rambut dan diamkan selama 1 jam, lalu bilas hingga bersih. Selamat mencoba, Ladies!

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.