8 Manfaat Konsumsi 2 Butir Telur Ayam per Hari Bagi Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
8 Manfaat Konsumsi 2 Butir Telur Ayam per Hari Bagi Kesehatan
2 Butir telur rebus

PortalMadura.Com – Salah satu sumber protein unggas paling bernutrisi yaitu telur. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa mengonsumsi 2 butir telur ayam sehari tidak bermasalah bagi kesehatan. Justru bisa mendatangkan berbagai manfaat.

Meskipun telur sering disangka makanan yang mengandung kolesterol dari bagian kuningnya. Memang, kuning telur berukuran sedang mengandung 185-215 mg kolesterol. Sehingga bagi Anda yang menderita penyakit jantung tidak disarankan mengonsumsi makanan ini dalam porsi banyak.

Namun selain mengandung kolesterol,mengonsumsi dua butir telur akan memberikan asupan 13 gram protein, 9,5 gram lemak, 56 mg kalsium, dan 1,8 mg zat besi. Lantas apa saja manfaat mengonsumsi dua butir telur setiap hari bagi kesehatan?

Berikut penjelasannya:

Perlindungan Terhadap Otak
Fosfolipid akan membantu komunikasi sel-sel otak yang terdiri dari kolin. Sementara kolin merupakan vitamin yang secara klinis terbukti sebagai penyusun terpenting di otak.

Makan dua butir telur sehari akan memenuhi kebutuhan kolin, sehingga risiko demensia bisa diturunkan.

Membantu Penyerapan Kalsium
Telur kaya akan vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium serta memperkuat tulang dan gigi. Vitamin D akan memfasilitasi penyerapan kalsium oleh usus dan merangsang penyerapan ion fosfat serta magnesium.

Menyehatkan Indra Penglihatan
Penelitian terbaru menemukan bukti bahwa telur ayam tinggi akan lutein. Zat ini bertanggungjawab untuk penglihatan yang jelas dan tajam.

Lutein disebut vitamin karotenoid yang dapat membantu mencegah penyakit mata, termasuk katarak dan degenerasi makula akibat faktor usia.

Sementara itu, kekurangan lutein dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan mata dan penglihatan secara permanen.

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung
Meskipun mengandung kolesterol, penelitian terbaru menyebutkan bahwa kolesterol di dalamnya dapat diimbangi dengan fosfatida. Fosfatida bertugas menghambat produksi kolesterol di dalam tubuh.

Selain itu, asam lemak Omega 3 yang ada di dalam telur akan membantu mengurangi kadar trigliserida, sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Membantu Penurunan Berat Badan
Menurut para ilmuwan, kombinasi diet rendah kalori dengan sarapan telur akan membantu Anda menurunkan berat badan dengan cepat.

Sarapan seperti ini akan menjaga perut Anda kenyang untuk waktu yang lebih lama. Jadi Anda tidak akan makan dalam porsi berlebihan sesudahnya.

Menjadikan Kulit Lebih Sehat
Kandungan biotin, vitamin B12, dan protein yang mudah dicerna di dalam telur akan membantu menyehatkan rambut dan kulit. Fosfolipid yang terkandung di dalam telur juga akan membantu hati dalam menetralisir toksin.

Menurunkan Risiko Kanker
Makan dua butir telur ayam sehari akan mengurangi risiko kanker. Menurut sebuah penelitian, risiko terkena kanker payudara pada wanita yang diet hariannya termasuk telur lebih rendah 18 persen. Hal ini disebabkan karena kolin di dalam telur.

Meningkatkan Kesuburan
Vitamin B yang ditemukan di dalam telur membantu pembentukan hormon seks. Asam folat yang juga dikenal sebagai vitamin B9 akan membantu pembentukan sel darah merah dan tabung saraf janin. Satu telur ayam mengandung 7.0 mcg vitamin B9.

Asam folat juga mengurangi kemungkinan anak menderita keterbelakangan mental. Jadi pasangan yang sedang program kehamilan pun perlu konsumsi telur secara teratur.

Itulah sederet manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi dua butir telur setiap hari. Ingat, direbus atau dikukus saja, ya. Proses penggorengan dengan minyak akan mengurangi manfaat sehatnya. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.