9 Cara Atasi Ban Dalam Bocor di Tengah Jalan

Avatar of PortalMadura.com
9 Cara Atasi Ban Dalam Bocor di Tengah Jalan
Ilustrasi (Kompas Tekno)

PortalMadura.Com – Banyak hal yang bisa terjadi ketika berkendara. Bahkan kejadian tidak terduka sekalipun, seperti atau pecah di tengah jalan raya. Setiap pengendara harusnya tahu cara mengganti ban saat dalam keadaan darurat.

Namun, bagi Anda yang belum pernah mengganti ban bocor di tengah jalan perlu mengetahui beberapa cara ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang dikutip dari Auto2000. Berikut penjelasannya:

Menepi di Lokasi Aman

Hal pertama yang harus dilakukan saat keadaan darurat mengganti ban adalah menepi ke lokasi aman. Pastikan Anda berhenti sempurna di lajur yang tidak menimbulkan potensi tertabrak. Setelah berhenti, matikan mesin.

Pasang Segitiga Pengaman

Saat mobil sudah berhenti sempurna di lokasi aman, pastikan Anda bisa keluar dengan aman. Setelah itu keluarkan segitiga pengaman. Pasang penunjang keselamatan tersebut berjarak 4 meter dari belakang mobil Anda.

Keluarkan Gongkrak dan Kunci

Kini Anda siap memulai ganti ban mobil. Keluarkan perkakas berupa kunci pas dan dongkrak tangan. Mobil tentu menyediakan perkakas tersebut sebagai kelengkapan standar.

Rilis Ban Serep

Selanjutnya Anda perlu menyiapkan ban serep. Biasanya ban serep berada di kolong bagasi. Rilis ban serep tersebut menggunakan kunci pas. Kendorkan bautnya hingga ban serep turun dan siap diambil.

Kendorkan Semua Baut Pelek

Letakkan ban serep di tempat aman. Kemudian beranjak ke ban yang bocor untuk mengendorkan semua bautnya. Gunakan kunci pas yang sama dengan merilis ban serep.

Pasang Dongkrak

Setelah semua baut roda sudah kendor, kini giliran Anda memasang dongkrak. Pastikan bagian atas dongkrak akan menyentuh panel besi yang kuat untuk tumpuan. Demikian juga bagian bawahnya, hindari permukaan tanah lembek.

Lepas dan Pasang Ban

Putar dongkrak hingga ban terangkat. Saat sudah cukup terangkat, lepas ban yang bocor tersebut. Saat sudah lepas, giliran ban serep dipasangkan.

Pada bagian ini mungkin akan terasa berat terutama bagi wanita, mintalah bantuan orang lain jika tidak kuat melepas dan memasangnya. Pastikan semua baut terpasang lagi secara kencang.

Amankan Ban yang Bocor

Bawa ban yang bocor ke tempat penyimpanan ban serep. Pasang secara baik ke posisi semula dengan mengulang secara kebalikan saat merilis ban serep.

Bereskan Peralatan

Ban telah terpasang sempurna, kini giliran membereskan peralatan dan perkakas, termasuk segitiga pengaman. Kumpulkan jangan sampai ada yang tercecer, kembalikan ke tempatnya semula.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.