9 Ciri Orang Tua yang Bakal Punya Anak Sukses

Avatar of PortalMadura.Com
9 Ciri Orang Tua yang Bakal Punya Anak Sukses
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mempunyai pasti menjadi harapan dan keinginan semua . Oleh karena itu, orang tua melakukan berbagai hal untuk mengantarkan anak-anaknya ke gerbang kesuksesan.

Kesuksesan anak dipengaruhi cara orang tua mendidik, karena jika anak-anak dididik dengan baik maka akan menghasilkan individu yang baik ketika dewasa. Untuk itu, ketahui beberapa ciri orang tua yang bisa membersarkan anak sukses. Apa saja cirinya?

Berikut ulasannya:

Serius Membesarkan Anak
Membesarkan anak-anak yang sukses merupakan pekerjaan orang tua, dan karena itulah Anda harus serius. Untuk menjadi orang tua. Artinya apa? Anda tidak membesarkan anak sambil main-main alias tanpa belajar dan tanpa mau memahami anak.

Memberikan Contoh yang Baik pada Anaknya
Anda mungkin selalu bilang pada anak-anak untuk makan buah dan sayur. Anda juga minta anak-anak untuk jangan terlalu banyak menonton televisi dan main handphone. Namun apakah ini hanya sekadar perintah dari Anda? Kalau iya, percayalah, Bun, ini tidak akan berhasil.

Children see, children do. Karena itu Anda sebagai orang tua harus memberi contoh yang baik pada anak-anak. Kalau Anda ingin anak tumbuh jadi orang baik dan sukses, maka Anda juga harus memberikan contohnya. Yang lebih penting lagi yaitu memberi contoh dan pemahaman bahwa hasil akhir bukan yang utama, tapi prosesnya.

Tidak Takut Membuat Kesalahan
Manusia pasti pernah berbuat kesalahan. Nah, orang tua juga dalam mengasuh anak-anaknya pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi salah satu ciri orang tua yang kelak anaknya sukses yaitu tidak takut membuat kesalahan.

Ketika kita melakukan kesalahan dan anak melihatnya, lalu kemudian memperbaikinya bisa menjadi pelajaran hidup yang baik untuk anak-anak.

Tahu Cara Mendelegasikan
Pada setiap tahap perkembangannya, cobalah menyerahkan tanggung jawab yang sedikit lebih banyak kepada anak-anak Anda. Karena tanggung jawab merupakan bagian penting dari kehidupan. Karena itulah orang tua dari anak-anak yang sukses tahu cara mendelegasikan tanggung jawab pada anak-anaknya.

Mengajarkan Komitmen
Mengajarkan komitmen ke anak-anak itu penting, Bun. Dr Fran Walfish, seorang psikoterapis keluarga dan relasi serta penulis ‘The Self-Aware Parent,' mengatakan mengajar anak-anak tentang sesuatu berkelanjutan itu sangat-sangat penting.

Mengajarkan Cara Menghargai Uang
Memberi reward pada anak tidak melulu dengan memberikan hadiah secara langsung. Terkadang juga kita perlu menahan diri untuk tidak mudah memberikan hadiah pada anak. Yuk, ajarkan pada anak untuk bekerja dan menabung lebih dulu sebelum mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Mengajarkan Cara Menghadapi Kekecewaan
Hidup itu penuh dengan pasang surut, dan orang tua yang membesarkan anak-anak yang tangguh menunjukkan kepada anak-anaknya semua sisi kehidupan. Iya, Bun, termasuk dalam menghadapi kekecewaan dan bangkit kembali sesudahnya.

Setiap kali Anda mencoba bertahan dan bangkit dari keterpurukan, toleransi Anda menguat. Nah, Anda akan memiliki kapasitas yang lebih kuat dalam menghadapi kekecewaan yang tidak terelakkan dalam hidup. Ketika anak melihat Anda begitu berusaha bangkit dari keterpurukan, anak akan melihat dan kelak akan mencontohnya.

Tahu Bagaimana Bersenang-senang
Menjadi orang tua harus serius dalam menetapkan batasan dan aturan, termasuk juga tahu bagaimana bisa bersenang-senang dengan anak-anak Anda. Karena itu, Bun, penting untuk mengajari anak-anak tentang keseimbangan antara kerja dan bermain.

Memberi Banyak Cinta, Dukungan, dan Dorongan
Kunci lain dalam membesarkan anak-anak yang berhasil adalah memberi mereka banyak cinta, dukungan, dan dorongan, Bun.

Nah, dari sejumlah ciri-ciri itu, apakah Bunda dan Ayah memilikinya? (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.