9 Daftar Makanan Lezat untuk Orang Diabetes

Avatar of PortalMadura.com
9 Daftar Makanan Lezat untuk Orang Diabetes
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu cara terbaik untuk mengendalikan gula darah bagi penderita , yaitu mengonsumsi makanan sehat. Akan tetapi, bukan berarti mereka tidak punya banyak pilihan makanan untuk dikonsumsi.

Kabar gembira untuk penderita diabetes, ternyata banyak makanan lezat yang tidak hanya bisa mengendalikan kadar gula, tetapi juga baik bagi kesehatan secara keseluruhan. Apa saja?.

Nah, berikut ini sembilan daftar makanan yang dapat memperbaiki kondisi penderita diabetes dan membantu mereka meminimalisir risikonya:

Blueberry
Mengonsumsi buah padat nutrisi ini adalah cara tepat untuk mendapatkan sebagian dari karbohidrat harian. Makan blueberry secara teratur bisa meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini berarti sel lebih reseptif terhadap insulin tubuh. Periset juga melihat efek antiinflamasi fitokimia pada buah beri sehingga bisa mengurangi beberapa risiko kardiovaskular yang terlihat pada penderita diabetes.

Jeruk
Mengonsumsi buah ini memiliki efek jangka panjang yang positif terhadap gula darah, serta kadar kolesterol, berkat senyawa hesperidin anti-inflamasi dan kaya akan serat. Penelitian Harvard School of Public Health menunjukkan, bahwa mengonsumsi buah ini dapat mengurangi risiko diabetes.

Buncis
Buncis terkenal dengan indeks glikemik rendah, menjadikannya pilihan bagi penderita diabetes.

Coklat Hitam
Beberapa studi penelitian menemukan, bahwa porsi kecil coklat hitam berkualitas tinggi efektif menurunkan kadar insulin dan tekanan darah. Namun selalu diskusikan perubahan dan penambahan diet Anda dengan ahli medis terlebih dahulu.

Minyak Zaitun
Mengganti lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh yang lebih sehat merupakan rekomendasi utama. Sebab, diabetes dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Konsumsi minyak zaitun extra virgin tidak hanya menurunkan risiko diabetes, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga dapat memperbaiki penggunaan glukosa oleh sel berkat efek anti-inflamasi. Pakailah minyak zaitun saat memasak atau menambahkannya dalam campuran salad.

Sayuran Hijau
Asupan sayuran hijau pada penderita diabetes berusia di atas 65 tahun diyakini bisa menurunkan risiko kardiovaskular yang signifikan.

Kacang dan Selai Kacang
Makan kacang 5 porsi per minggu (1 porsi = 1 ons kacang atau 1 sendok makan kacang) dikaitkan dengan penurunan yang signifikan pada penyakit jantung dan risiko stroke pada wanita dengan diabetes.

Pertimbangkan untuk mengganti sumber karbohidrat olahan dengan kenari, kacang almond, atau selai kacang. Namun, pastikan untuk memerhatikan ukuran porsi dan garamnya.

Yoghurt
Temuan awal pada semua penelitian menunjukkan, bahwa mengonsumsi makanan tinggi probiotik, seperti yoghurt bisa meningkatkan kadar glukosa.

Kayu Manis
Kayu manis bisa meningkatkan sensitivitas insulin, sehingga membantu mengurangi gula darah. Kayu manis cocok dicampurkan ke dalam oatmeal, yoghurt, dan selai kacang. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.