9 Langkah Mudah Buat ‘Barcode’ di Komputer

Avatar of PortalMadura.com
9 Langkah Mudah Buat Barcode di Komputer
Ilustrasi (Olsera.com)

PortalMadura.Com – Seringkali Anda melihat garis-garis hitam pada suatu produk yang Anda beli. Garis hitam ini merupakan yang berfungsi untuk menyimpan data-data spesifik seperti kode produksi, nomor identitas, dan lainnya sehingga sistem komputer dapat memindai barang dengan mudah.

Pernahkah Anda berfikir bagaimana cara membuat barcode ini?. Berikut membuat barcode melalui komputer Anda sendiri dilansir dari laman Inet.detik.com, Jumat (17/7/2020).

Pertama pastikan Anda harus memiliki aplikasi Corel Draw. Setelah itu buka aplikasi Corel Draw dalam komputer atau laptop Anda. Kemudian, klik menu ‘Edit' dan pilih ‘Insert Barcode'. Kemudian, layar akan menampilkan kotak dialog ‘Barcode Wizard'. Lalu, pilih format standar barcode yang Anda inginkan, contohnya ‘ISBN'.

Kedua setelah memilih standar barcode tersebut, masukkan angka yang akan ditampilkan pada barcode. Misalnya 979-794-102 dan klik ‘Next'. Selanjutnya, layar akan kembali menampilkan kotak dialog dan klik ‘Advance'. Kemudian, pilih ‘Advanced Options' dan klik ‘978 attached' dan klik ‘Ok'.

Ketiga klik ‘Next‘ pada kotak dialog tersebut. Pilih ‘Finish' dan angka terakhir pada barcode akan muncul secara otomatis. Kamu pun bisa langsung menggunakan barcode tersebut. Jika Anda ingin memberikan outline label para barcode kamu bisa menggunakan fitur ‘Rectangle Tool‘ pada aplikasi Corel Draw. Klik, kemudian buat lah kotak mengelilingi barcode tersebut. Ukuran kotak juga bisa diatur pada toolbar di atas.

Keempat tambahkan tulisan label dengan menggunakan fitur ‘Text Tool'. Kamu bisa mengetik nama hingga harga barang dengan cara membuat barcode sendiri. Setelah selesai membuat barcode tersebut, simpan dan lakukan ekspor label ke tipe gambar atau image yang diinginkan. Caranya blok gambar barcode, kemudian klik menu ‘File Export'.

Terakhir, klik tombol ‘Ok' dan layar akan menunjukkan kotak dialog untuk masuk ke halaman ‘Convert to Bitmap'. Atur ukuran yang diinginkan pada kotak dialog tersebut dan pilih ‘Ok' untuk melihat hasilnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.