oleh

9 Manfaat Menakjubkan Konsumsi Belimbing Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Belimbing merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi dan tingkat antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan. Buah berbentuk bintang ini bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, belimbing juga bisa merangsang laktasi, detoksifikasi tubuh, menghilangkan gangguan pada pernapasan, mempercepat metabolisme, mencegah kanker, mengoptimalkan pencernaan dan membangun tulang yang kuat. Ada kandungan anti-inflamasi yang sangat baik dan meningkatkan kesehatan rambut serta kulit.

Perlu diketahui, bahwa belimbing mengandung jumlah kalori yang sangat rendah tetapi kaya akan serat makanan, vitamin C, vitamin A, dan vitamin B, serta fosfor, kalsium, magnesium, natrium, besi, dan kalium. Selanjutnya, buah ini memiliki konsentrasi tinggi antioksidan seperti senyawa polifenol, quercetin, epicatechin, dan asam galat.

Nah, berikut ini sembilan manfaat buah belimbing bagi kesehatan:

Mencegah Kanker
Buah belimbing sudah diteliti, bahwa buah ini bisa menjadi buah anti kanker yang ampuh, berkat kandungan antioksidan dan seratnya yang padat. Flavonoid polifenol yang ditemukan dalam buah belimbing mampu melawan efek mutagenik dari radikal bebas dan membersihkannya dari tubuh sebelum merusak dan menyebabkan penyakit kronis.

Selanjutnya, serat dalam buah belimbing akan membersihkan usus besar dan mengurangi tingkat keracunan, membantu menurunkan risiko kanker usus besar.

Baca: Inilah Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Merangsang Laktasi
Ini juga secara tradisional digunakan untuk meningkatkan laktasi pada ibu yang mengalami kesulitan memproduksi susu ASI untuk bayi mereka yang baru lahir. Dan dalam dosis besar, itu juga bisa bertindak sebagai emmenagogue.

Meningkatkan Kepadatan Mineral Tulang
Ada beragam kandungan mineral dalam buah bintang yang sangat membantu Anda untuk meningkatkan zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan kalsium, yang semuanya dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mengurangi risiko osteoporosis seiring bertambahnya usia.

Mengontrol Diabetes


Tirto.ID
Loading...

Komentar