oleh

9 Nutrisi untuk Mencegah Kerontokan pada Rambutmu

PortalMadura.Com – Rambut rontok merupakan hal yang menakutkan bagi semua orang, namun kita sering lupa bahwa kesehatan rambut tergantung pada pola makan dan juga gaya hidup kita. Setiap orang yang mengalami rambut rontok biasanya akan memberikan perawatan lebih pada rambutnya seperti pemakaian masker rambut, sampo, conditioner dan banyak perawatan internal lainnya.

Rambut memiliki peran penting dalam menunjang penampilan fisik, bagi perempuan dan pria. Maka tak heran jika rambut rontok menjadi permasalahan yang dapat membuat kita tidak percaya diri. Kebanyakan orang percaya bahwa sekali mulai kehilangan rambut, maka akan terus menurus terjadi kerontokan.

Rambut rontok sendiri disebabkan oleh pola makan yang buruk dan kekurangan vitamin. Serta stres, hormon, faktor lingkungan dan genetika. Untungnya, membuat perubahan sederhana dalam gaya hidupmu seperti mengonsumsi vitamin dan mineral dapat menyembuhkan kerontokan rambut secara alami. Nah, berikut adalah beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantumu mengatasi kerontokan rambutmu lho!

Asam folat
Asam folat membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke folikel rambut. Asam folat banyak terkadung dalam lentil, kacang-kacangan, bayam, telur, dan daging merah tanpa lemak.

Biotin
Biotin sangat penting untuk perkembangan rambut dan kekurangan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Produk-produk yang mengandung vitamin B7 meliputi: salmon, telur, dan almond.

Vitamin C
Vitamin C membantu memperkuat folikel dan melawan radikal bebas. Ini juga membantu menciptakan kolagen, yang sangat penting untuk batang rambut. Konsumsi lebih banyak paprika, stroberi dan produk jeruk untuk menambah asupan vitamin C.

Niasin
Niasin atau vitamin B3 menyampaikan suplemen ke folikel rambut dan meningkatkan penyebaran. Makanan yang mengandung niacin meliputi: telur, ikan, daging, dan jamur.

Minyak ikan
Omega-3 kerap ditemukan dalam ikan, kandungan ini dapat membantumu mengurangi risiko peradangan, yang merupakan alasan utama kerontokan rambut. Minyak ikan sebenarnya adalah vitamin teratas untuk mempromosikan pertumbuhan rambut yang telah membantu jutaan perempuan dan pria di seluruh dunia.

B-kompleks
Vitamin ini juga mendukung kelenjar adrenalin, yaitu kelenjar yang merangsang pertumbuhan rambut yang sehat. Makanan yang kaya akan biotin meliputi: ayam, telur, kentang, kacang-kacangan dan kacang-kacangan.

Zat besi
Jika ingin rambut sehat dan mencegah kerontokan, harus mengonsumsi zat besi. Ada hubungan besar antara kekurangan zat besi dan rambut rontok. Konsumsilah makanan yang kaya akan zat besi seperti: bayam, kacang navy, kuning telur dan steak daging sapi.

Zinc
Mengkonsumsi makanan kaya zinc penting karena membantu tubuh melawan virus dan bakteri. Zinc juga merupakan kunci untuk memiliki kulit kepala yang sehat, rambut rontok pun akan terhindar jika mengonsumsi makanan seperti lentil, bayam, daging, kerang, dan biji labu.

Rewriter : Nurul Hijriyah
Sumber: fimela.com

Komentar