Anak Suka Menggigit Orang Lain? Atasi dengan 4 Cara Efektif Ini

Avatar of PortalMadura.com
Anak Suka Menggigit Orang Lain? Atasi dengan 4 Cara Efektif Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai orang tua pasti akan menghadapi berbagai masalah dan keadaan yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Apalagi masih mempunyai anak balita, yang kadangkala mempunyai kebiasaan yang tidak terduga. Salah satunya yaitu suka menggigit orang lain.

Banyak hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengalihkan kebiasaan suka menggigit si kecil. Namun sebelum itu, Bunda harus tahu lebih dahulu apa penyebab anak seperti itu, sehingga penanganannya tepat. Lantas apa yang bisa Bunda lakukan untuk menghentikan kebisaan itu?

Berikut penjelasannya:

Latih Pencegahan
Saat bayi sedang tumbuh gigi, pastikan untuk menyediakannya teether atau waslap di tangan sehingga dia cenderung tidak akan mendaratkan giginya ke lengan seseorang.

Hindari Kemarahan Si Kecil
Anda akan menghadapi situasi, dimana si kecil mudah marah lalu ingin menggigit sesuatu. Karenanya, pastikan semua kebutuhannya terpenuhi seperti misalnya waktu makan dan tidur siang.

Baca Juga: Moms, Ini Penyebab Si Kecil Suka Menggigit yang Perlu Anda Ketahui

Sediakan Camilan
Ketika si kecil tampak begitu rewel saat bermain, berikan ia camilan untuk menenangkannya. Cara ini dapat mengalihkan kemarahannya dan perlahan menghentikan kebiasaannya menggigit.

Berikan Anak Cukup Waktu Sepanjang Hari
Agar kebiasaannya mengigit berkurang, berikan kesibukan pada si kecil setiap waktu. Misalnya, dengan membaca atau bermain bersama, sehingga dia tidak menggigit hanya untuk mendapatkan perhatian. Perhatian ekstra sangat penting ketika anak sedang mengalami perubahan besar dalam hidupnya. Untuk itu, tetaplah dampingi dan berikan pengawasan, serta perhatian ekstra ketika ia sedang bermain sendiri ataupun bersama teman-temannya. (haibunda.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.