Jangan Sepelekan, Kenali Penyebab dan Gejala serta Cara Cegah Penyakit Liver

Avatar of PortalMadura.com
Jangan Sepelekan, Kenali Penyebab dan Gejala serta Cara Atasi Penyakit Liver
Ilustrasi

PortalMadura.Com - mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga orang. Namun tahukah Anda apa itu penyakit liver dan apa penyebabnya ? Nah dari pada penasaran lebih lama, yuk simak penjelasannya.

Penyakit liver merupakan penyakit yang menyerang hati. Bila seseorang terserang penyakit ini, maka dapat mengakibatkan penurunan fungsi pada hati. Bila hal tersebut terjadi, tentu saja hal ini sangat berbahaya untuk memenuhi segala kebutuhan tubuh.

Liver atau hati sendiri merupakan organ tubuh yang berfungsi sebagai pembuang racun dalam tubuh. Dan bisa Anda bayangkan bukan bila hati mengalami kerusakan? Maka tentu saja racun-racun yang ada dalam tubuh tidak dapat dibuang dengan baik.

Terdapat beberapa yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem hati. Penyebab penyakit liver kronis dapat berasal dari infeksi virus dan juga parasit pada tubuh.

Namun, penyebab penyakit liver itu bermacam-macam, sehingga Anda perlu berhati-hati agar tidak terkena penyakit berbahaya ini.

Penyebab dan

Berikut beberapa penyebab penyakit liver yang perlu Anda ketahui.

Alkohol membunuh sel-sel hati

Jika Anda rutin minum minuman beralkohol, sebaiknya mulai hentikan. Ini karena sel-sel di hati mati saat Anda minum alkohol.

Alkohol merupakan salah satu penyebab penyakit hati karena alkohol bersifat racun dengan menyerang sel-sel hati. Sehingga hati tidak dapat menyaring racun lain yang masuk ke dalam tubuh.

Kematian sel-sel tersebut tentu saja menghambat fungsi hati sebagai penawarnya. Sementara sel-sel di hati dapat beregenerasi kembali, mereka yang minum alkohol secara teratur dapat menghambat kemampuan mereka untuk beregenerasi dan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih berbahaya.

Kegemukan (Obesitas)

Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menjadi faktor penyebab penyakit hati ini. Hal ini karena penimbunan lemak berlebih di hati dapat memperlambat kinerja hati itu sendiri.

Ini sering disebut penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD). Karena kandungan lemak tubuh yang tinggi, maka kandungan lemak hati juga akan meningkat.

Infeksi parasit dan virus

Penyebab lain penyakit hati yang sering ditemui tetapi tidak diketahui secara luas adalah infeksi. Infeksi yang disebabkan oleh parasit dan virus dapat menyebabkan peradangan dan penurunan fungsi hati.

Virus penyebab penyakit hati menyebar di dalam tubuh melalui darah atau urin, kontak dengan orang yang terinfeksi, dan makanan dan minuman yang dimakan oleh orang yang terinfeksi.

Penyakit hati yang paling umum disebabkan oleh infeksi parasit dan virus adalah hepatitis. Hepatitis sendiri merupakan penyakit hati yang dapat disembuhkan.

Namun, beberapa jenis hepatitis kronis dapat menyebabkan kanker hati. Jenis hepatitis sendiri sangat beragam. Tetapi hepatitis sering disebabkan oleh infeksi parasit dan virus yaitu hepatitis A, B, C

Genetika

Penyakit hati juga dapat disebabkan oleh pewarisan genetik dari salah satu atau kedua orang tua. Seringkali kondisi ini disebabkan oleh gen atau kelebihan zat yang menumpuk di hati.

Penyebab genetik penyakit hati adalah hemokromatosis atau deposisi besi yang berlebihan. Kemudian, hiperoksaluria dan asidosis oksalat atau ekskresi oksalat yang berlebihan.

Bisa juga disebabkan oleh konsumsi makanan kaya oksalat secara teratur seperti teh, kopi instan, minuman bersoda, coklat dan sayuran hijau, terutama bayam.

Selain itu, penyakit Wilson yang merupakan penyakit keturunan langka yang diakibatkan adanya timbunan tembaga dalam jumlah banyak di hati serta organ lainnya.

Setelah Anda mengenali penyebab dari penyakit liver, penting juga Anda untuk mengetahui gejala apa saja yang disebabkan penyakit ini. Penasaran apa saja ? Berikut penjelasannya.

Perut Menjadi Lebih Buncit

Hal ini dikarenakan pembengkakan yang terjadi pada tulang rusuk bagian kanan bawah. Sehingga membuat adanya perubahan pada bagian perut.

Perubahan Warna Kulit Serta Mata

Perubahan yang dialami oleh seseorang yang menderita penyakit liver ini sangat mudah dikenali. Adanya perubahan wana kulit dan juga mata menjadi kuning oleh penderita menjadi salah satu tanda penyakit liver ini menyerangmu. Banyak pula masyarakat yang menyebutnya sebagai penyakit kuning.

Terjadinya Perubahan Bentuk Kuku

Kuku Anda akan berubah menjadi lebih melengkung pada ujungnya serta berwarna putih pucat.

Air Seni Berubah Warna Menjadi Kuning Gelap

Seseorang yang menderita penyakit liver pada umumnya, air seni yang berubah menjadi kuning gelap.

Sering Buang Air Kecil

Tidak hanya air kencing yang berubah menjadi gelap, tetapi penderita penyakit ini juga akan sering mengalami buang air kecil.

Nafsu Makan yang Menurun

Gejala selanjutnya adalah nafsu makan yang menurun, sehingga menyebabkan berat badan berkurang.

Sering Mengalami Mimisan

Pada umumnya mimisan ditandai dengan kecapean. Tapi bila Anda sering mengalaminya, segeralah periksa ke dokter pilihan Anda.

Tubuh Mudah Alami Memar

Jangan sepelekan bila Anda mengalami memar tanpa sebab di tubuh Anda, karena hal tersebut terjadi karena kurangnya zat protein dalam tubuh.

Anemia

Mudah merasa kehausan

Baca : 7 Cara Mengobati Penyakit Liver Paling Jitu

Agar tidak terjangkit penyakit liver, tentu Anda harus paham bagaimana cara pencegahannya dilakukan. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penyakit liver.

  1. Menjaga berat badan secara normal, dan mengkonsumsi karbohidrat, lemak dan protein secara teratur
  2. Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol
  3. Tidak berbagi jarum suntik
  4. Tidak melakukan hubungan seksual secara bebas
  5. Mengikuti program vaksin virus hepatitis secara rutin sesuai dengan program yang terjadwal
  6. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur

Demikian mengenai penyebab penyakit liver dan cara mencegahnya. Semoga bermanfaat.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.