Abdul Somad Tak Masuk Daftar Penceramah Rekomendasi Kemenag

Avatar of PortalMadura.Com
Abdul Somad Tak Masuk Daftar Penceramah Rekomendasi Kemenag
Mahfud MD (Foto. twitter mohmahfudmd)

PortalMadura.Com – Kementerian Agama (Kemang) RI mengeluarkan daftar nama mubaligh ( Islam) Indonesia, Jumat (18/5/2018). Sedikitnya, ada 200 mubaligh yang masuk dalam daftar tersebut.

Namun nama  tidak masuk daftar. Sedangkan penceramah asal Madura yang masuk daftar salah satunya, yakni Mahfud MD diurutan 103.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan, pihaknya menerima banyak pertanyaan dari masyarakat terkait nama muballigh yang bisa mengisi kegiatan keagamaan mereka.

“Selama ini, Kementerian Agama sering dimintai rekomendasi mubaligh oleh masyarakat. Belakangan, permintaan itu semakin meningkat, sehingga kami merasa perlu untuk merilis daftar nama muballigh,” terang Menag di Jakarta, Jumat (18/5/2018), dalam situs resminya, kemenag.go.id.

Menurut Menag, pada tahap awal, Kementerian Agama merilis 200 daftar nama muballigh. Tidak sembarang mubaligh, tapi hanya yang memenuhi tiga kriteria, yaitu: mempunyai kompetensi keilmuan agama yang mumpuni, reputasi yang baik, dan berkomitmen kebangsaan yang tinggi.

Daftar 200 nama penceramah yang dirilis pihaknya merupakan awal yang dihimpun dari masukan tokoh agama, ormas keagamaan, dan tokoh masyarakat. Jumlahnya akan terus bertambah seiring masukan dari berbagai pihak.

“Nama yang masuk memang harus memenuhi tiga kriteria itu. Namun, para muballigh yang belum masuk dalam daftar ini, bukan berarti tidak memenuhi tiga kriteria tersebut,” tegasnya. “Artinya, data ini bersifat dinamis dan akan kami update secara resmi,” sambungnya.

Menag berharap, rilis daftar nama mubaligh dapat memudahkan masyarakat dalam mengakses para penceramah yang mereka butuhkan. Langkah ini diharapkan akan memperkuat upaya peningkatan kualitas kehidupan beragama sesuai misi Kementerian Agama.

Adapun daftar 200 nama mubaligh dimaksud dapat dilihat di SINI KLIK.(*)

Sumber : kemenag.go.id

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.