oleh

AC Mobil Anda Bau? Atasi dengan Cara Ini

PortalMadura.Com – Kenyamanan mobil tentunya sangat dibutuhkan saat seseorang berkendara. Tidak hanya bodi mobil atau mesin saja yang selalu menjadi perhatian, Air Conditioner (AC) juga perlu mendapat perhatian dari pengendaranya. Karena AC mobil kerap mengalami masalah jika dihidupkan, misalnya saja bau yang menyengat.

Bau yang terus menerus hadir di kabin kendaraan ini pastinya akan mengganggu perjalanan Anda saat berkendara. Dapat dikatakan bahwa mobil akan jauh dari kata ideal jika sudah terjadi masalah seperti itu. Lantas, apa yang menjadi penyebabnya?

Dilansir PortalMadura.Com Sabtu (4/2/2017), pada laman viva.co.id, Menurut Susanto, Product Manager PT Cipta Gemilang Mobil atau Coolkars, pada dasarnya timbulnya bau pada AC mobil saat pengemudi menghidupkannya disebabkan karena kotornya evaporator yang berfungsi menyaring debu.

“Awalnya itu karena debu dan juga kotoran, jadi pada saat pengemudi membuka jendela, debu yang dari luar masuk dan membuatnya lama kelamaan menumpuk dan jadi bau,” katanya.

iklan hari santri

Selain itu, penyebab AC menjadi bau juga bisa disebabkan karena terlalu seringnya merokok di dalam mobil. Ini terjadi lantaran menumpuknya asap rokok yang memiliki nikotin dan lambat-laun menumpuk menjadi bau tidak sedap.

“Ada juga yang lain, seperti salah menggunakan pengharum mobil, biasanya ini cukup langka sih ya, tapi kalau sembarangan bisa membuat kotoran menempel dan akhirnya jadi bau apek,” tambah dia.

Masalah lain, biasanya karena kurangnya perawatan bagian dalam mobil dari gempuran debu dan wewangian yang bersifat tidak bisa hilang cepat. Contohnya seperti menyimpan ikan di mobil, atau makanan basi.

Menurut Susanto, ada tips sederhana yang bisa dilakukan jika mobil sudah mengalami bau tidak sedap, yaitu dengan melakukan pengecekan ke bengkel terdekat. Pertama, pastikan bahwa Anda melakukan perawatan mobil tiga bulan sekali, kalau bisa ganti filter dan juga bersihkan dengan fogging untuk menghilangkan jamur dan kotoran yang ada di AC mobil. Kedua, menyemprotkan cairan sabun khusus untuk menghilangkan bau. Tips tersebut cuma sementara saja, yang paling terbesar atau penting adalah dicuci evaporatornya. (viva.co.id/Putri)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.