Ada Motor Gunakan Bahan Bakar LPG Hasil Kreativitas Santri di Pamekasan

Avatar of PortalMadura.com
Ada Motor Gunakan Bahan Bakar LPG Hasil Kreativitas Santri di Pamekasan
Hasil Kreativitas Santri di Pamekasan (Foto: Marzukiy)

PortalMadura.Com, – Ada-ada saja ide untuk memperirit Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk sepeda motor, kali ini seorang santri di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, berhasil memodifikasi tabung gas LPG sebagai ganti BBM, seperti premium, pertalite atau pertamax.

Santri tersebut bernama Farhan, dia adalah siswa SMK Teknik di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan. Sebuah pesantren yang terletak di Desa Panaan Kecamatan Palengaan yang kini tengah melaksanakan Pekan Ngaji III yang rutin digelar setiap tahun. Hasil kreativitasnya itu dipamerkan pada kegiatan tersebut sejak tanggal 18 sampai 28 Januari 2018.

Menurut penuturan Farhan, hasil karyanya itu ternyata jauh lebih ramah BBM setelah melakukan survei atas penemuannya tersebut. Jika dibandingkan dengan menggunakan bahan bakar biasa, rupanya lebih irit sampai tiga kali lipat, seru bukan?.

“Saya sudah buktikan ternyata hasilnya memang lebih irit dibandingkan dengan bensin, ini bisa dipakai sebagai solusi atau alternatif jika harga bensin mahal,” katanya.

Untuk memodifikasi motor menggunakan gas LPG itu rupanya cukup sederhana, Anda hanya butuh satu buah gas LPG ukuran 3 kg dan dab selang sebagai saluran gas kepada mesin motor. Tentu Anda tidak bisa mencoba sendiri sebelum belajar kepada ahlinya, jika tidak mau motor Anda rusak.

“Dalam waktu sehari, kendaraan itu sudah bisa dimodivikasi, LPG itu aman dan tidak meledak karena sudah ada pengamannya dan LPG itu bisa diletakkan di tangki kendaraan,” jelas Farhan pada kegiatan pameran tersebut. (Marzukiy/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.