oleh

Ada Perhiasan Penutup “Mr V” Bagi Perempuan di Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Penutup “Mr V” bagi anak-anak putri tempo dulu tidak sebatas menggunakan celana dalam atau sejenisnya. Ternyata, ada sebuah penutup yang terbuat dari perak berbentuk daun waru. Keberadaan barang unik dan langka itu dapat dijumpai di Museum Keraton Sumenep.

Disebutkan dalam keterangannya, barang yang termasuk dari perhiasan seorang perempuan itu adalah Kowari. Ukurannya diprediksi sama persis dengan ukuran “Mr V” pengguna, sehingga saat dikenakan, salah satu alat sensitif perempuan tidak terlihat. Konon, anak-anak putri tempo dulu, semuanya menggunakan alat ini, terutama dilingkungan Keraton Sumenep.

Kowari tersebut, kini ada didalam lemari kaca di Museum Keraton Sumenep yang ditempatkan dengan berbagai macam perhiasan seorang perempuan tempo dulu, semisal ; gelang kaki (Binggel), gelang tangan, ikat pinggang dari perak (pending), bros (peniti renteng), kerabu dan giwang sebagai perhiasan telinga, tusuk sanggul dan coconduk untuk sanggul pengantin wanita.(Hartono)



Komentar