oleh

Ada Simbol ‘X’ Misterius di Permukaan Planet Pluto

PortalMadura.Com – NASA menangkap secuil bagian planet Pluto dengan lekukan ‘X’ yang disinyalir sebuah ‘aktivitas’ di permukaan Tata Surya terjauh itu.

Dilansir International Business Times, Selasa (12/1/2016), gambar tersebut dikirim ke Bumi pada 24 Desember 2015.

Tim ilmuwan Pluto menyebutkan, gambar dengan resolusi tinggi itu menunjukkan tanda atau simbol X memanjang ke pusat Sputnik Planum atau lebih sering disebut icy plain (dataran es) yang ada di permukaan Pluto.

Diduga, meski simbol X melebar ke dataran es, tanda tersebut tidak benar-benar datar, melainkan membentuk sebuah lekukan dan bisa melebar sejauh 10 mil hingga 25 mil.

Loading...

Gambar tersebut juga merupakan bagian dari beberapa gambar yang diabadikan kamera spacecraft milik NASA, New Horizons yang diambil sekitar 25-280 kaki dari permukaan.

“Kami telah mengamati pola ini dari gambar yang dikirim New Horizons. Gumpalan besar tersebut diduga bisa membalikkan nitrogen padat secara bertahap dan tergabung selama jutaan tahun lamanya,” tutur William McKinnon, perwakilan New Horizons divisi Geofisika dan salah satu anggota tim imaging dari Washington University. (liputan6.com)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar