oleh

Ada Yang Sudah Lansia, Petugas Amankan 3 Pengemis di Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, merazia tiga pengemis yang berkeliaran di wilayah sudut kota, salah satunya ada yang telah Lanjut Usia (Lansia), Senin (28/5/2018).

Kabag Ops Satpol PP Pamekasan, Yusuf mengatakan, razia ini merupakan kesekian kalinya yang digelar selama Ramadan, tapi para Pengemis dan Gelandangan (Gepeng) tetap saja ada, meskipun yang terjaring hari ini bukan mereka yang terjaring sebelumnya.

“Mereka yang terjaring razia ini kita data dan dipulangkan ke rumahnya masing-masing. Kami juga beri imbauan agar tidak mengulangi perbuatannya kembali,” katanya.

Yusuf menambahkan, apabila ditemukan pengemis yang telah terazia sebelumnya nanti akan dikirim ke Surabaya untuk dilakukan pembinaan selama enam bulan agar mereka tidak mengemis dan meminta-minta kembali.

“Kami tadi sempat kejar-kejaran dengan mereka, karena setelah melihat ada Satpol PP mereka lari. Tetapi kami tetap kejar,” terangnya.

Dalam keterangan yang diperoleh petugas, alasan mereka mengemis bermacam-macam, ada yang bilang untuk biaya kuliah cucunya karena orang tuanya tidak bekerja, ada pula yang beralasan ingin bertahan hidup dengan cara meminta belas kasihan orang lain. Yang pasti, sebagian besar alasan mereka adalah faktor ekonomi. (Marzukiy/Nanik)