Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basi, Lakukan Cara Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Agar Ketupat Tahan Lama & Tidak Gampang Basi, Lakukan Cara Ini!

PortalMadura.Com – Salah satu sajian khas yang tak boleh terlewatkan saat lebaran adalah . Makanan dengan bahan beras dan dibungkus dengan janur atau daun kelapa yang masih muda ini pasti jadi incaran saat keluarga berkumpul dan merayakan hari raya.

Namun, ketupat pun juga butuh perlakuan yang tepat agar tak cepat . Ketupat bisa bertahan lama dan bisa dimakan kapan pun jika kamu tahu cara menyimpannya.

Jika ingin ketupat tahan lama atau tak mudah basi, lakukanlah tips ini.

Masak hingga benar-benar matang
Waktu yang dibutuhkan untuk masak ketupat agar matang sempurna umumnya 4-5 jam. Jika ketupat matang sempurna, risiko basi juga semakin kecil. Perebusan yang lama akan mematikan bakteri hingga bagian dalam ketupat. Jika matang sempurna, ketupat tak mudah berair dan lembek. Dan selama dimasak, pastikan ketupat terendam semua, agar matangnya merata.

Siram dengan air dingin
Setelah ketupat padat dan matang sempurna. Matikan api, ambil ketupat dari air rebusan dan siram ketupat dengan air dingin. Cara ini bukan hanya akan membersihkan sisa air rebusan, tapi juga menghilangkan kotoran atau lendir daun yang menempel dan berpotensi membuat ketupat mudah basi.

Tiriskan hingga kering
Setelah disiram, tiriskan di tampah atau wadah yang luas dan biarkan hingga kering. Taruh di tempat yang mudah terkena udara, arena ketupat lebih cepat basi jika mengandung banyak air.

Gantung ketupat dan angin-anginkan
Menggantung ketupat di udara terbuka ternyata jadi acara terbaik menyimpan ketupat agar tahan lama. Biarkan ketupat digantung dan diangin-anginkan. Cara ini bisa membuang sisa air, biarkan menetes sehingga daun ketupat kering. (vemale.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.