Ahli Waris Penembahan Tjakraningrat IV Ajak Kembali pada Pancasila dan UUD 45

Avatar of PortalMadura.Com
Ahli Waris Penembahan Tjakraningrat IV Ajak Kembali pada Pancasila dan UUD 45
Tjakraningrat IV

PortalMadura.Com, – Ahli waris penembahan , Kraton Bangkalan, Madura, Jawa Timur, R.A. DJuwilowati Tjakra Adiningrat, prihatin dengan kondisi generasi penurus yang banyak tidak memahami sejarah leluhur.

“Mungkin karena ketidak tahuan mereka terhadap sejarah, bahwa NKRI ini karena adanya lelehur kita,” terang dia, saat memberikan sambutan dalam acara Silaturahmi Kraton Tjakraningrat dengan Raja Raja Nusantara di Gedung Rato Ebhu Bangkalan, Jumat (24/3/2017).

Dia menjelaskan, bahwa kondisi bangsa saat ini berada dalam ambang kehancuran dan mengalami fase sinisme terhadap kepecayaan diri yang selama ini dibangun oloh para leluhur, sehingga banyak bangsa lain yang merendahkan harga diri bangsa.

“Negara ini terbangun atas perjuangan raja nusantara, bahkan masyarakat dengan sinisme tentang keberadaan sejarah itu,” jelasnya.

Dengan demikian, dia mengajak semua lapisan masyarakat, terutama generasi penerus untuk mengembalikan kejayaan bangsa di masa lalu, yang selama ini sudah terkoyak karena terkikis oleh akulturasi budaya luar.

“Momentum yang sangat berharga, untuk merajut kembali,” lanjut dia.

Ia menekan agar pemerintah dan masyarakat untuk kembali ke Pancasila dan UUD 45, sebagai kepribadian leluhur yang selama ini sudah mulai luntur. “Kami menekankan untuk kembali ke Pancasila dan UUD,” tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut,  Maharaja Kutai Kartanegara, Pewaris Kerajaan Sunda Galuh Pejaran, Bupati Bangkalan, Dandim 0829 Bangkalan, Kapolres Bangkalan, serta keluarga pewaris Karaton Djakraningrat Bangkalan.(Hamid/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.