oleh

AirNav Indonesia Cabang Surabaya Gelar Sosialisasi “Safety Awareness and Security Review” di Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau AirNav Indonesia Cabang Surabaya menggelar sosialisasi safety awareness and security review di hotel C1 Sumenep, Madura, Jawa Timur, Selasa (16/7/2019).

PH Manager Safety AirNav Indonesia Cabang Surabaya, R. Diyan Subismo SE S.SIT MM menjelaskan, kegiatan yang diselenggarakan merupakan kegiatan rutin setiap tahun sekali. Dan kali ini, diselenggarakan di Kabupaten Sumenep.

“Intinya, kegiatan ini untuk mengedukasi masyarakat, menginformasikan bahwa ini upaya untuk keselamatan penerbangan, terutama di Sumenep,” katanya.

Menurutnya, pesawat sejatinya merupakan alat transportasi yang paling aman, karena setiap komponen betul-betul dicermati mulai dari armada, light ketika akan terbang, dan pemanduan start engine pertama.

Selain itu, yang harus diperhatikan adalah menjaga keselamatan penerbangan yakni keadaan cuaca, kegiatan masyarakat sekitar seperti pembangunan yang dapat berpengaruh terhadap posisi pesawat saat akan melakukan posisi pendekatan maupun take off, layang-layang, penggunaan balon udara pada kegiatan budaya.

“Jadi masyarakat punya kesadaran bahwa wilayah itu punya potensi untuk terjadinya kecelakaan penerbangan juga pembangunan. Mungkin SPBU di sekitar walaupun butuh, tapi dikaji benar agar tidak menjadi hazard yakni bahaya yang tersimpan, bahaya yang tidak kelihatan atau laten,” terangnya.

Loading...

Kemudian pendirian antena pemancar lain, sebab frekuensi adalah satu-satunya nyawa penerbangan yang merupakan komunikasi antara pilot dan pengatur lalu lintas, sehingga diharapkan masyarakat saat melakukan siaran untuk benar-benar dijaga agar tidak mengganggu ranges spektrum dari radio komunikasi di penerbangan.

Pihaknya berharap adanya kegiatan ini masyarakat dapat teredukasi dan berkontribusi untuk keselamatan penerbangan.

“Karena itu tanggung jawab semua pihak, maka kita mengedukasi bagaimana pengelola bandara, pengelola AirNav di Indonesia atau LPPNPI punya tanggung jawab menyiarkan semua ini ada bahaya. Jadi bahaya yang tersimpan ini diviralkan sehingga masyarakat semakin cerdas, semakin terinformasi,” jelasnya.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim, diwakili oleh Asisten Pembangunan dan Perekonomian Sekretariat Kabupaten Sumenep, Herman Poernomo, menyampaikan, pemerintah daerah sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan tersebut, karena keselamatan dan keamanan dalam penerbangan juga menjadi prioritas Pemkab Sumenep.

“Keamanan dan keselamatan sangat diharapkan oleh masyarakat. Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan melakukan gathering untuk promosi Sumenep termasuk bandara. Pengendara bisa lewat darat tapi akan lebih cepat dengan pesawat udara”, katanya.

Turut hadir dalam acara ini perwakilan Polres Sumenep, Kodim Sumenep, beberapa OPD Sumenep, Kepala Desa, Kepala Puskesmas di wilayah bandara Trunojoyo Sumenep.(*)


Penulis : Nanik Dwi Jayanti
Editor : Putri Kuzaifah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar