Ajari Si Kecil Membuang Sampah pada Tempatnya dengan 4 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com
Ajari Si Kecil Membuang Sampah pada Tempatnya dengan 4 Cara Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – masih menjadi salah satu masalah yang sampai saat ini belum menemukan solusi. Sehingga banyak bencana yang disebabkan oleh sampah. Oleh karena itu, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya harus dibiasakan sejak dini.

Anak perlu diajarkan dampak apa saja yang bisa timbul jika membuang sampah sembarangan. Sehingga si kecil peka dan mempunyai rasa peduli yang tinggi pada lingkungan. Lantas bagaimana cara membiasakan anak membuang sampah pada tempatnya?

Berikut ini penjelasannya:

Beri Contoh
Anak-anak cenderung merespons hal yang mereka lihat dari apa yang Anda lakukan. Sebagai orang tua, Anda harus memberikan contoh yang benar pada anak tentang membuang sampah. Caranya seperti sediakan tempat sampah di rumah dan jangan pernah buang sampah sembarangan.

Manfaatkan Internet
Dengan memanfaatkan internet, carilah sumber yang dapat membantu mengajari anak tentang pembuangan limbah, daur ulang, pengomposan, dan hal lain yang bertanggung jawab. Apalagi, saat ini, anak-anak sangat suka berselancar di internet. Jadi, tunjukkan kepada mereka situs yang menyenangkan dan menarik tentang sampah.

Baca Juga: Guru Honorer yang Ditangkap Polda Jatim, Asal Pamekasan Ngajar di Sumenep

Pergi ke Museum
Ada beberapa museum yang fokus pada pengurangan, pengerjaan ulang, dan penanganan sampah secara bertanggung jawab. Ajak anak untuk bermain ke sana. Selain belajar, ini bisa jadi salah satu momen quality time yang bermanfaat pastinya.

Ajak Anak Ikut Jadi Relawan
Terlibat dalam aktivitas dengan menjadi relawan merupakan ide baik untuk mengajari anak cara mencintai lingkungan, Bun. Selain berkenalan dengan orang baru, menjadi relawan yang turun langsung ke lapangan dapat mengasah kemampuan sosialisasi anak.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.