Ajarkan Mapel Matematika Lewat Permainan “Selodor Bhanteng” Madura

Avatar of PortalMadura.com
Ajarkan Mapel Matematika Lewat Permainan "Selodor Bhanteng" Madura
Selodor Bhanteng

PortalMadura.Com, – Ide cemerlang dilahirkan oleh ketiga mahasiswa Universitas Madura (Unira), Dhurroh Halim, Dhofir, dan Sayyidatun Nafisa.

Berkat temuan ketiga aktivis jurusan itu, kini belajar Matematika dapat diterapkan melalui metode permainan tradisonal Madura yang dikenal dengan “”.

Dhurroh, salah satu kreator dari seni permainan tradisional itu menuturkan, jika ilmu Matematika juga bisa dipelajari melalui permainan tradisional.

“Belajar Matematika melalui permainan tradisional juga dapat mencegah anak-anak tidak kecanduan gawai ditengah maraknya teknologi,” kata Dhurroh, Kamis (27/6/2019).

Adanya metode belajar Matematika melalui permainan tradisional, juga bisa menepis anggapan tentang mata pelajaran () Matematika yang dianggap sulit untuk dipelajari.

“Kalau bilang bahwa Matematika itu sulit dan membuat malas belajar, maka perlu cara lain, yaitu dengan permainan,” ujarnya.

Konsep dan metode melalui permainan tradisional “Selodor Bhanteng” atau “Loteng” dinilai sangat ampuh untuk merangsang penanaman karakter pada anak usia dini.

Konsep tersebut, akan diminati dari kalangan anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah, mulai dari tingkat dasar hingga menengah.

“Dalam permainan Loteng, ada kemampuan kerja sama, sportifitas, kemampuan membangun strategi, dan ketangkasan serta karakter,” sebutnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.