Alami Pilek dan Bersin saat Bangun Tidur, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Avatar of PortalMadura.Com
Alami Pilek dan Bersin saat Bangun Tidur, Ini Cara Mudah Mengatasinya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bersin dan di pagi hari saat memang sangat mengganggu sebagian orang. Dampak yang tidak baik yang harus Anda perlahan-lahan segera menghilangkan kebiasaan buruk itu.

Apalagi kalau tidurnya di ruangan dingin, kondisinya akan lebih parah dan semakin tidak nyaman. Alasan mengapa seseorang punya kebiasaan itu karena dianggap alergi dingin.

Segera konsultasikan dengan dokter untuk mengatasi kebiasaan tersebut atau Anda bisa mencoba ritual-ritual sederhana sebelum tidur di malam hari. Berikut ini cara-cara sederhana yang perlu anda lakukan sebelum tidur.

Hilangkan stres
Sandra Adamson Fryhofer, MD, berkata “Ketika Anda sedang tertekan, sistem kekebalan Anda menurun, sehingga mudah terinfeksi virus dan bakteri,”. Disamping itu, peneliti Universitas Wisconsin menyebutkan, cara ampuh untuk mengatasi stres tersebut dapat dengan melakukan meditasi. Nah, kalau sudah merasa tenang, biasanya alergi udara bisa menurun sekira 35%-60% dengan sendirinya.

Minum banyak air putih
Asupan air putih dapat mencerkan lendir di tenggorokan yang sangat mengganggu. Anda harus melakukan sebelum tidur malam dan bangun tidur di pagi hari. Tapi hindari minuman beralkohol dan minuman berkafein ya!

Dr Fryhofer mengatakan “Hidrasi membantu menjaga saluran hidung lembab, sehingga mereka benar-benar dapat menyingkirkan partikel kecil dari bakteri,”.

Berkumurlah dengan air garam
Berkumur dengan air garam beberapa kali sehari, terutama saat cuaca dingin. Cara ini dapat mengurangi pembengkakan dan melegakan tenggorokan. Campurkan dan larutkan sekira setengah sendok teh garam ke dalam air hangat. Gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.

Mandi air hangat
Uap dari mandi air hangat dapat melembabkan tenggorokan dan saluran hidung. Selain itu, cara ini juga bikin tidur tak mampet. Berdasarkan studi, mandi air hangat dapat merelaksasi otot And jadi tetap nyaman.

Olahraga teratur
Olahraga teratur dapat melawan risiko alergi yang memicu serangan flu pula. Setelah itu, beristirahatlah dengan cukup agar tubuh terasa lebih bugar. Anda harus melakukan di sore hari karena waktunya senggang.(Okezone.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.