IPTEK  

Amazing! Begini Cara Jepang Ubah Badai Jadi Pembangkit Listrik

Avatar of PortalMadura.Com
Amazing! Begini Cara Jepang Ubah Badai Jadi Pembangkit Listrik
ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan negara kepulauan, sehingga banyak mengalami ancaman yang datang dari Samudra Pasifik. Namun baru-baru ini, ilmuwan Jepang berhasil mengembangkan teknologi yang bisa membuat bencana tersebut jadi sumber tenaga listrik.

Dikutip PortalMadura.Com, Minggu (2/10/2016), dari laman merdeka.com, seorang Insinyur Jepang, Atsushi Shimizu, telah mendesain turbin angin model terbaru yang dapat mengumpulkan energi listrik dari badai. Turbin itu bahkan diklaim mampu bertahan dari serangan topan hingga tornado.

Menurut Shimizu, alatnya itu dapat menyuplai energi listrik bagi Jepang selama 50 hanya dari sebuah badai saja. Akan tetapi, pihaknya masih mengembangkan baterai yang bisa menampung enerli listrik sebesar itu.

Saat ini, Shimizu masih melakukan uji coba turbin badai tersebut di kawasan Okinawa dan rencananya di Menara Tokyo saat Olimpiade Jepang digelar tahun 2020 nanti.

Apabila uji coba turbin badai tersebut sukses, negara-negara yang rawan badai seperti Amerika Serikat, China, Filipina, bahkan Indonesia bisa memanfaatkan turbin badai Shimizu itu. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.